July 19, 2021

Cara Menjual (Trading) Bitcoin Via Aplikasi Indodax dan Menarik Uangnya ke Rekening Bank Lokal

Dias Akhmad  |  at  July 19, 2021  |   |  No comments

Setelah jumlah koin crypto yang terkumpul di micro wallet seperti FaucetPay dan Express Crypto telah memenuhi ambang batas atau minimum penarikan, maka kita bisa menarik koin-koin tersebut ke wallet utama seperti Indodax dan Luno.

Jika koin crypto telah berhasil masuk ke wallet utama, maka kita sudah bisa mencairkan  atau mengkonversi mata uang crypto ke rupiah atau IDR dengan cara menjualnya. Hasil penjualan kemudian kita transfer ke rekening Bank kita. 

Cara Menjual Mata Uang Crypto dan Menarik Uangnya ke Rekening Bank Lokal

Kali ini kami akan mempraktekan bagaimana cara menjual uang crypto di exchanger untuk kemudian menarik hasil penjualannya ke Bank lokal. 

Dalam contoh ini kami menggunakan:

  • Bitcoin sebagai contoh uang crypto yang akan dijual,
  • BRI sebagai contoh Bank lokal yang akan digunakan  untuk menerima transfer dana dari hasil penjualan Bitcoin dan,
  • Indodax sebagai exchanger tempat melakukan penjualan atau trading crypto.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Masuk atau login ke aplikasi Indodax

2. Pilih menu Trading

3. Pastikan memilih mata uang BTC/IDR dan masukkan jumlah satoshi Bitcoin yang akan kita jual. Di contoh ini kami menjual 0.000050000 atau 50.000 satoshi di harga IDR 485.000.000 per keping Bitcoin. Dengan harga tersebut diperkirakan kami akan menerima uang penjualan sebesar IDR 229.000. 

Setelah yakin, kita klik atau tap tombol Jual.

4. Akan muncul dialog konfirmasi penjualan, sekali lagi klik atau tap tombol Jual.

5. Akan muncul notifikasi bahwa order penjualan berhasil dilakukan. Kita klik atau tap Kembali.

6. Sekarang kita beralih ke menu Funds. Kita bisa melihat dana hasil penjualan coin di sana. Jika dana belum muncul, kita perlu menunggu beberapa saat.

Dari perkiraan dana penjualan sebesar IDR 229.000, kami menerima dana sebesar IDR 228.527. 

7. Selanjutnya klik atau tap pada menu Dompet IDR dan pilih Submenu Penarikan lalu masukkan jumlah uang yang akan kita tarik. 

Dalam contoh ini kami hanya menarik sebanyak IDR 150.000 dari hasil penjualan sebesar IDR 228.527. 

Indodax membebankan fee penarikan sebesar IDR 25.000 yang artinya kami akan menerima sebanyak IDR 125.000 dari total penarikan IDR 150.000 yang kami lakukan.

  • Selanjutnya klik atau tap pada tanda + pada Tambah Akun Penarikan.
  • Selanjutnya pada menu Pilih Metode Transfer kita pilih Transfer ke Akun Bank.

9. Pada menu Akun Bank kita pilih nama Bank lalu masukkan nomor rekening Bank. Untuk kolom Label, bisa kita beri nama apa saja, dalam contoh ini kami memberi nama labelnya BRI 1. Setelah yakin data Bank sudah benar, kita klik atau tap tombol Buat Akun

10. Jika kita menggunakan sistem keamanan 2 faktor, kita akan diminta memasukkan kode Google Authenticator atau kode OTP via SMS. Di sini kami menggunakan Google Authenticator. Selanjutnya klik atau tap pada tombol Penarikan.

11. Kita juga akan diminta memasukkan PIN aplikasi Indodax. Hal ini untuk memastikan bahwa aktivtas penarikan dana memang dilakukan oleh kita sebagai pemilik akun.

12. Jika berhasil, akan muncul notifikasi bahwa permintaan penarikan dana berhasil dilakukan. Selanjutnya kita harus melakukan konfirmasi penarikan via email.

13. Buka email dan lakukan konfrimasi penarikan dengan cara klik link konfirmasi yang dikirimkan oleh Indodax.

14. Jika berhasil, kita akan menemukan notifikasi bahwa penarikan dana telah berhasil dan proses transfer dana segera dilakukan. Sampai di sini kita harus menunggu beberapa waktu sampai kita mendapat email kedua dari Indodax yang menginformasikan keberhasilan proses transfer dana.

15. Saat email kedua telah diterima, dana penjualan telah masuk ke rekening BRI kami. Sampai di sini, hasil penjualan Bitcoin telah berhasil ditarik atau ditransfer ke rekening Bank lokal.

Artikel ini sekaligus membuktikan bahwa mata uang crypto dapat dicairkan (liquid) dengan mudah dan cepat.

Semoga bermanfaat ya..

  • Buat kamu yang ingin membuat wallet di Indodax, kamu bisa membaca artikelnya di SINI
  • Buat kamu yang ingin membuat wallet di Luno, kamu bisa membaca artikelnya di SINI
  • Buat kamu yang ingin membuat micro wallet di FaucetPay, kamu bisa membaca artikelnya di SINI
  • Buat kamu yang tertarik untuk membuat micro wallet di Express Crypto, kamu bisa membaca artikelnya di SINI

Jangan lupa bookmark blog ini untuk mendapatkan info terbaru seputar crypto dan faucet crypto gratis terbaru. Jika ada pertanyaan atau saran, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar. 

Cara Menjual (Trading) Bitcoin Via Aplikasi Indodax dan Menarik Uangnya ke Rekening Bank Lokal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon