May 14, 2016

Fungsi Recycle Bin dan Cara Mengosongkan Recycle Bin dari File Sampah

Dias Akhmad  |  at  May 14, 2016  |   |  No comments
coinpayu

File atau folder yang kita hapus di komputer, tidak akan langsung benar-benar terhapus, melainkan akan ada di recycle bin sebagai file sampah. File atau folder yang berada di recycle bin ini baru akan benar-benar hilang saat kita mengosongkan recycle bin dari file sampah. 

Lalu apa gunanya recycle bin menyimpan file dan folder sampah?, jawabannya adalah sebagai cadangan jika sewaktu-waktu kita ingin mengembalikan file dan folder tersebut ke tempatnya semula sebelum kita hapus. Recycle bin juga berguna sebagai antisipasi jika suatu waktu kita tanpa sengaja menghapus sebuah file atau folder yang sebenarnya penting untuk kita. 

Bagaimana cara mengembalikan file dan folder yang telah terhapus dan masuk ke recycle bin?.



Jika kita ingin mengembalikan satu atau beberapa file dan folder yang telah masuk ke recycle bin ke tempatnya semula, maka kita bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Sorot dan klik 2 kali icon recycle bin di desktop. Cara lainnya adalah dengan sorot icon recycle bin di desktop lalu klik kanan dan pilih menu "open".
2. Kita akan menemukan banyak nama file dan folder yang telah kita hapus sebelumnya
3. Sorot file atau folder yang ingin kita kembalikan ke tempat semula, lalu  klik kanan dan pilih menu "restore"
4. File dan folder yang tadi kita sorot, akan langsung hilang dari tempatnya, ini karena file dan folder tersebut telah berpindah tempat ke tempat asalnya sebelum kita melakukan penghapusan.
5. Silahkan cek dimana posisi file dan folder tersebut di tempat file dan folder tersebut dihapus sebelumnya. Jika file dan folder tersebut berasal dari media eksternal seperti flashdisk, kartu memory dan lain-lain, maka pastikan terlebih dahulu media eksternal tersebut telah terhubung ke komputer.

Bagaimana cara mengosongkan recycle bin dari file sampah?

Kita disarankan untuk secara teratur mengosongkan recycle bin dari file sampah. Hal ini bertujuan agar kapasitas memory komputer tidak digunakan untuk menyimpan file sampah yang semakin hari bisa semakin banyak dan mengurangi kapasitas memory komputer. Berikut adalah cara mengosongkan recycle bin dari file sampah :

1. Sorot dan klik 2 kali icon recycle bin di desktop
2. Kita akan menemukan banyak nama file dan folder yang telah kita hapus sebelumnya 
3. Tekan kombinasi tombol CTRL + A untuk melakukan blok terhadap semua file sampah
4. Klik kanan dan pilih menu "delete"

Untuk lebih cepat melakukan pengosongan recycle bin tanpa melihat apa saja file sampah yang ada di dalamnya, kita bisa melakukannya dengan cara :

1. Sorot icon recycle bin di desktop
2. Klik kanan dan pilih menu "empty recycle bin"

Demikian artikel tentang fungsi recycle bin dan cara mengosongkan recycle bin dari file sampah. Semoga bermanfaat.

Fungsi Recycle Bin dan Cara Mengosongkan Recycle Bin dari File Sampah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aneka Pendidikan

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon