11/17/2016

Kenapa Komputer Masih Kena Virus Padahal Sudah Pakai Antivirus?

Dias Akhmad  |  at  11/17/2016  |   |  No comments

Mungkin sahabat pernah mengalami, komputer terkena virus padahal sudah pakai antivirus. Hal ini dialami oleh banyak orang, terutama (maaf) pengguna awam. Di artikel ini, Bayi Komputer akan membahas mengenai sebab kenapa komputer masih terkena virus padahal sudah pakai antivirus. Selamat membaca.

Sebuah antivirus mampu mengenali dan membasmi suatu varian (jenis) virus jika antivirus tersebut memiliki definisi (database) varian virus tersebut. Jika tidak, maka antivirus akan mengabaikannya. Akibatnya, varian virus tersebut dengan mudah menyerang komputer kita.

Varian virus terus bermunculan dari waktu ke waktu. Virus maker (para pembuat virus) tak henti-hentinya membuat varian virus baru, menggunakan metode baru agar dapat menghindar atau mengelabui antivirus. Ini adalah perang abadi antara pembuat virus dan pembasmi virus, perseteruan abadi antara hitam dan putih.

Setiap kali sebuah varian virus baru muncul atau ditemukan, maka antivirus maker (vendor pembuat antivirus) segera bekerja untuk mengenali cara kerja varian virus tersebut. Saat cara kerja virus telah ditemukan, maka antivirus maker segera membuat definisi virus, yaitu sebuah update program antivirus yang mampu mengenali dan membasmi suatu varian virus. 


Apa yang harus kita lakukan sebagai pengguna antivirus?

Untuk membuat antivirus yang terpasang pada komputer kita tetap tangguh melawan dan membasmi virus, maka tugas kita adalah melakukan update program antivirus.

Hal inilah yang sering dilupakan atau bahkan tidak diketahui oleh para pengguna komputer dan antivirus. Banyak yang menyangka bahwa dengan memasang antivirus ternama, maka komputer akan aman dari serangan virus selamanya. Padahal, sehebat apapun sebuah antivirus, ia tak akan banyak berguna jika tidak di-update!.

Jadi jelaslah kenapa sebuah komputer masih kena virus padahal sudah pakai antivirus, jawabannya adalah karena antivirus tersebut jarang atau tidak pernah di-update, padahal varian virus baru terus bermunculan.

Kenapa banyak pengguna komputer tidak melakukan update program antivirus?

Banyak pengguna komputer tidak melakukan update program antivirus dikarenakan dua faktor  :

1. Menggunakan program antivirus bajakan
Hampir semua program antivirus hasil bajakan tidak dapat melakukan update atau pembaharuan definisi virus.

2. Ketidaktahuan akan keharusan update definisi virus
Sebagian besar pengguna komputer sepertinya berpendapat bahwa komputer sudah 100% aman dari virus setelah memasang antivirus.

Penulis sangat menyarankan untuk menggunakan antivirus berbayar (premium) untuk melindungi komputer yang berisi data-data penting, seperti administrasi kantor dan lainnya. Namun jika kita belum mampu untuk menggunakan antivirus berbayar, maka kita bisa menggunakan antivirus gratis (free). Banyak antivirus yang menyediakan versi free, misalnya AVG, Avira, Avast, Smadav, Malwarebytes dan lain-lain.

Hal terpenting saat menggunakan antivirus free adalah kedisiplinan untuk melakukan update program antivirus secara manual. Ini karena update otomatis hanya tersedia pada versi berbayar. 


Demikian artikel tentang kenapa komputer masih kena virus padahal sudah pakai antivirus?. Semoga bermanfaat.

Kenapa Komputer Masih Kena Virus Padahal Sudah Pakai Antivirus? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nur Makhasin

Silahkan tinggalkan komentar Anda.