6/08/2016

Pengertian BYOD, Kelebihan dan Kelemahannya

Dias Akhmad  |  at  6/08/2016  |  ,  |  No comments

BYOD atau Bring Your Own Device adalah sebuah kebijakan perusahaan yang mengizinkan para pegawai atau karyawannya untuk membawa gadget pribadi mereka seperti Laptop, Tablet dan Smartphone ke tempat kerja, dan menggunakannya untuk mengakses data penting perusahaan serta aplikasinya.

Istilah BYOD dikenal secara umum pada tahun 2009 ketika perusahaan Intel Corporation menyadari adanya trend membawa gadget pribadi ke tempat kerja oleh para pegawainya. Mereka membawa gadget ke tempat kerjanya untuk terhubung dengan jaringan perusahaan. 


Kelebihan BYOD

Berikut adalah beberapa kelebihan BYOD :
  • Pegawai akan lebih merasa nyaman dalam bekerja karena menggunakan gadget mereka sendiri yang mereka sukai.
  • Perusahaan tidak perlu membeli dan menyediakan gadget untuk keperluan pekerjaan, karena para pegawainya telah membawa gadget pribadi mereka masing-masing untuk keperluan pekerjaan
  • Pegawai bisa bekerja kapan dan dimana saja dengan lebih cepat tanpa terkendala hal teknis seperti kemacetan di jalan dan lain-lain, sehingga lebih produktif.
Kelemahan BYOD

Selain memiliki beberapa kelebihan, BYOD juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain :
  • Rawan akan bocor atau tersebarnya data-data penting perusahaan karena kesalahan pegawai, seperti hilangnya gadget pegawai dan kecerobohan pegawai dalam mengunduh serta menginstall aplikasi lain di gadgetnya yang bisa disusupi Malware. Dalam hal ini, kehadiran Malware seperti Trojan, Virus dan Worm dapat berimbas pada bocor atau tereksposnya data-data sensitif perusahaan.
  • Tidak semua pegawai memiliki konsistensi dalam hal update Antivirus, sehingga lagi-lagi masalah keamanan data perusahaan yang menjadi taruhannya
  • Keengganan banyak pegawai untuk menerapkan password yang kuat pada gadget mereka, bahkan seringkali gadget yang mereka miliki benar-benar tanpa password yang melindunginya. Saat gadget tersebut hilang atau dicuri, maka data-data perusahaan di dalamnya juga bisa diakses dengan mudah.
Kelemahan-kelemahan pada BYOD sebenarnya bisa diatasi dengan cara memberikan edukasi secara terus-menerus kepada para pegawai akan pentingnya keamanan informasi. Selain itu, peringatan secara sistematis juga bisa diterapkan, misalnya dengan menjadwalkan kapan bagian IT perusahaan mengingatkan para pegawai untuk melakukan update Antivirus dan menerapkan penggunaan password yang baik.


Demikian artikel tentang pengertian BYOD, kelebihan dan kelemahannya. Semoga bermanfaat.

Pengertian BYOD, Kelebihan dan Kelemahannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nur Makhasin

Silahkan tinggalkan komentar Anda.