6/07/2016

Etika Berkomentar yang Harus Diperhatikan Seorang Blogger

Dias Akhmad  |  at  6/07/2016  |   |  No comments

Salah satu blog saya yang membahas secara khusus masalah pemasangan domain, seringkali dibanjiri komentar berisi link aktif dari Blogger lain yang mempromosikan blog dan artikelnya. Hal ini sungguh sangat menjengkelkan, padahal, di atas kotak komentar, saya sudah memberikan peringatan bahwa komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan, tapi beberapa Blogger tetap melakukannya. Ada apa dengan mereka?.

Banyak Blogger yang entah kenapa memaksakan diri untuk menaruh link di komentar blog orang lain dengan harapan mendapatkan backlink. Padahal, backlink yang mereka pikir dapat menaikkan peringkat blog mereka di SERPs hanyalah backlink alami yang tercipta tanpa unsur paksaan. Backlink alami diberikan oleh seseorang yang menyukai artikel di sebuah blog, sehingga seseorang tersebut kemudian menuliskan link aktif yang mengarah ke blog tersebut di tempat tertentu (bisa di blog, di Facebook dan lain-lain), dengan tujuan untuk memberi tahu pembaca lain mengenai sumber artikel dimaksud.


Namun kenapa masih banyak Blogger yang memaksakan diri untuk menyelipkan link aktif saat berkomentar di bloh lain?, jawabannya tak lain karena sang Blogger mendapatkan informasi yang salah tentang apa yang disebut backlink berkualitas atau backlink alami. 

Sebuah blog yang memiliki kekuatan dalam SERPs (Search Engine Result Pages) biasanya menjadi incaran para Blogger pemula untuk menaruh backlink, dengan asumsi bahwa blog yang berkualitas akan memberikan backlink yang berkualitas. Ya, hal tersebut memang benar, blog berkualitas akan memberikan backlink yang berkualitas, tapi cara mereka menaruh backlink yang diinginkan itu yang salah.

Menurut hemat saya, daripada kita menghabiskan waktu untuk mencari backlink, lebih baik kita menghabiskan waktu untuk membuat artikel berkualitas yang disukai Search Engine. Hal ini jauh lebih mudah dan menguntungkan untuk jangka panjang.

Menaruh link di komentar bukanlah sebuah etika blogging yang baik. Karena siapakah yang mau komentar di blognya penuh berisi link promosi Blogger lain?. Seorang Blogger senior bernama Kang Jumanto (www.kangjum.com) misalnya, secara jelas menulis peringatan di kotak komentar blognya : "Dilarang nyepam, apalagi nulis URL atau promosi di kolom komentar". 


Apa yang dituliskan Kang Jum sudah cukup menggambarkan, bahwa beliau juga tidak suka jika blognya dijadikan ajang menaruh link (URL) dengan tujuan promosi dalam bentuk apapun, kecuali beliau sendiri yang dengan senang hati memberikannya.

Jadi, jika kita ingin mendapatkan penghargaan dari sesama Blogger, kita harus memperhatikan etika dan berkomentar dengan baik serta ikhlas, tanpa unsur atau maksud lain apapun. Suatu hari, sang Blogger pemilik blog juga akan mengunjungi blog kita dan memberikan komentar terbaiknya.

Demikian artikel tentang etika berkomentar yang harus diperhatikan seorang Blogger. Semoga bermanfaat.

Etika Berkomentar yang Harus Diperhatikan Seorang Blogger Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nur Makhasin

Silahkan tinggalkan komentar Anda.