6/06/2016

Hati-hati, Memasang Driver yang Tidak Cocok Dapat Merusak Hardisk Komputer

Dias Akhmad  |  at  6/06/2016  |   |  No comments

Kejadian ini saya alami hari ini. Ceritanya, tadi pagi satu komputer di kantor sering memunculkan pesan error. Kemunculan pesan error ini sering terjadi saat saya menghubungkan sebuah Usb Flashdisk ke komputer. Pesan error juga muncul saat saya sedang bekerja dengan Microsoft Powerpoint untuk membuat bahan presentasi. Tentu saja hal ini sangat mengganggu. Pesan error yang sering muncul tersebut tampak seperti gambar di bawah ini :


Karena pesan error tersebut terjadi berulang-ulang, maka saya kemudian berinisiatif untuk melakukan install driver. Saya berasumsi bahwa pesan error yang muncul sangat mungkin karena ada driver yang tak cocok atau perlu di-update. Tanpa memeriksanya terlebih dahulu, saya langsung menggunakan software Driverpack 14 untuk memasang driver yang diperlukan.

Setelah dijalankan, Driverpack menyarankan untuk menginstall beberapa program (software) dan driver. Untuk list program yang ada segera saya edit dengan menghilangkan tanda checklist agar hanya memasang yang saya perlukan saja, sementara untuk driver, saya tidak melakukan edit sama sekali dan langsung klik pasang semua (install all).

Kira-kira 15 menit saya menunggu hingga pemasangan program dan driver selesai. Di tengah pemasangan, Windows menampilkan beberapa peringatan, namun selalu saya abaikan dengan melakukan klik "Continue Anyway". Setelah pemasangan selesai, saya kemudian restart komputer untuk menjalankan efek pemasangan program dan driver.

Alangkah terkejutnya saya saat mendapati layar komputer menampilkan warna bercak-bercak. Setelah login, saya kemudian bermaksud mengembalikan setting Sistem Operasi (OS) dengan menggunakan System Restore, tapi mungkin karena tergesa-gesa, letak menu System Restore tak saya temukan. Sebagai langkah akhir, saya kemudian langsung mengambil CD Windows XP untuk melakukan install ulang komputer.

Install ulang mulai berjalan, namun saat komputer harus melakukan copy file instalasi, komputer tiba-tiba menampilkan pesan error yang menyatakan bahwa ada masalah dengan Hardisk.. Oopss.. sampai disini saya mulai khawatir dengan kondisi komputer.

Tak berhenti disitu, saya kemudian berusaha melakukan install dengan OS lain, Windows Vista, Windows Seven dan Windows 8 saya coba install, namun juga tak bisa. Saat saya restart komputer, pesan error yang lain muncul menyatakan bahwa ada masalah serius dengan Hardisk.

Berangkat dari kejadian yang baru saya alami, saya menulis artikel ini untuk berbagi, agar kejadian yang sama tak terjadi pada Anda pembaca Bayi Komputer. Inti dari artikel ini adalah kehati-hatian saat kita ingin memasang driver pada komputer. Driver yang tidak cocok ternyata dapat membawa masalah serius pada komputer kita.

Demikian artikel tentang hati-hati, memasang driver yang tidak cocok dapat merusak Hardisk komputer. Semoga bermanfaat.

Hati-hati, Memasang Driver yang Tidak Cocok Dapat Merusak Hardisk Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nur Makhasin

Silahkan tinggalkan komentar Anda.