June 09, 2016

Pengertian Video On Demand (VOD) dan Contoh VOD

Dias Akhmad  |  at  June 09, 2016  |   |  3 comments
coinpayu

Dengan hadirnya 4G LTE di Indonesia yang mampu menghadirkan kualitas dan kecepatan akses internet lebih baik, masyarakat menjadi lebih mudah mengakses berbagai layanan video resolusi tinggi melalui berbagai perangkat seperti komputer, laptop, tablet dan smartphone yang terhubung ke internet. Salah satu layanan video yang tengah populer saat ini adalah Video On Demand (VOD).


Pengertian Video On Demand (VOD)

Video On Demand (VOD) adalah layanan video streaming berlangganan yang memfasilitasi user (pengguna internet) untuk dapat mengontrol atau memilih sendiri pilihan program video dan klip yang ingin ditonton di internet. 

VOD memiliki fungsi layaknya video rental, di mana user yang telah berlangganan dapat memilih sendiri berbagai video yang ingin ditonton. Pilihan program video dapat berupa film, serial TV, reality show dan jenis video streaming lainnya. Tak hanya itu, user juga dapat mengunduh (download) dan menyimpan video ke perangkat untuk diakses secara offline. 

Beberapa contoh Video On Demand yang tengah populer di Indonesia adalah HOOQ, UseeTV dan Netflix. Dari ketiga layanan Video On Demand tersebut, HOOQ adalah yang paling diminati user karena selain bebas dari hambatan pemblokiran, variasi konten yang disajikan HOOQ juga lebih banyak dari UseeTV dan Netflix. 

UseeTV  merupakan VOD yang sudah menjadi bagian dari bundling layanan IndiHome dari PT. Telkom dan memiliki jangkauan terluas di Indonesia. Telkom sediri memblokir akses Netflix, sehingga saat ada user yang memilih UseeTV tapi kontennya kurang luas, dan memilih Netflix tapi Broadband yang dipilih tidak dapat mengakses karena pemblokiran, maka user kemudian akan memilih HOOQ, inilah alasan lain kenapa HOOQ lebih populer dari UseeTV dan Netflix di Indonesia.

Saat ini manajemen HOOQ juga sudah mulai inten mendekati berbagai operator seluler di Indonesia, untuk memudahkan user melakukan pembayaran melalui jasa operator, misalnya dengan cara memotong pulsa.

Demikian artikel tentang  pengertian Video On Demand (VOD) dan contoh VOD. Semoga bermanfaat.

Pengertian Video On Demand (VOD) dan Contoh VOD Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aneka Pendidikan

3 comments

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon