June 11, 2016

Inilah Hasil Pantauan Google dan GfK Tentang Perilaku Pengguna Internet di Indonesia Selama Bulan Ramadhan

Dias Akhmad  |  at  June 11, 2016  |   |  No comments
coinpayu

Bulan puasa atau bulan Ramadhan adalah bulan suci bagi umat Islam yang sekaligus merupakan waktu penuh antusias di Indonesia. Moment penting ini menarik minat Google untuk melakukan sebuah studi yang mempelajari perilaku pengguna internet di Indonesia selama bulan Ramadhan.


Bekerja sama dengan GfK yang merupakan sebuah lembaga riset pasar terkemuka, Google menemukan adanya trend kenaikan belanja online antara pukul 03.00 hingga 06.00, selama bulan Ramadhan dan menjelang hari Raya Idul Fitri.

Fakta tersebut tentu sangat masuk akal. Populasi masyarakat Indonesia, yang diperkirakan 61%-nya merupakan pengguna Smartphone, dapat dengan mudah melakukan segala hal melalui ponsel di tangannya, termasuk dalam hal berbelanja dan bermain.

Hasil studi atau pantauan yang dilakukan oleh Google dan GfK mendapati bahwa:
  • Trafik atau jumlah kunjungan pengguna internet ke e-commerce (toko online) selama bulan Ramadhan meningkat hingga 152%, terutama di jam-jam Sahur.
  • Di siang hari, terjadi peningkatan signifikan jumlah pengguna internet yang bermain game di perangkat mobile, seperti game Clash of Clans dan Subway Surfers.
  • Dari sisi konsumsi hiburan, juga terjadi pergeseran. Mereka yang dahulu terpaku di depan TV, kini lebih memilih untuk menonton video di YouTube. Konsumsi YouTube untuk hiburan selama bulan Ramadhan, khususnya di malam hari, naik hingga 15%, yang terutama diakses melalui perangkat mobile seperti laptop dan Smartphone. Video yang paling banyak dikonsumsi adalah musik religi dan serial TV populer.
  • Mendekati Idul Fitri atau Lebaran, trafik ke layanan e-commerce juga tetap tinggi. Situs e-commerce seperti Bukalapak dan OLX, bahkan  melaporkan adanya akses tertinggi saat mendekati masa libur Lebaran.
  • Di 2 minggu (H-14) hingga 1 minggu (H-7) menuju Lebaran, pencarian di Search Engine akan didominasi oleh pencarian layanan penyedia tiket melalui perangkat mobile yang mencapai  72%., terutama untuk tiket Kereta Api.
Demikian artikel tentang inilah hasil pantauan Google dan GfK tentang perilaku pengguna internet di Indonesia selama bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat.

Inilah Hasil Pantauan Google dan GfK Tentang Perilaku Pengguna Internet di Indonesia Selama Bulan Ramadhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aneka Pendidikan

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon