June 15, 2016

Alasan Tepat untuk Mengganti Template

Dias Akhmad  |  at  June 15, 2016  |   |  No comments
coinpayu

Ada satu blog milik saya yang sangat saya sukai karena berisi catatan harian masa kecil saya. Blog tersebut telah mendapatkan Sitelink dari Google dan telah memiliki pageview yang cukup besar. Adapun template yang saya gunakan di blog tersebut adalah sebuah template free yang saya redesign. Saya sendiri sangat menyukai tampilan dari template yang saya gunakan pada blog tersebut.

Namun, ada satu hal yang mengganjal, saat saya tes kecepatan blog tersebut di Google Pagespeed Insight, skor kecepatan loading blog di perangkat mobile menunjukkan angka yang rendah, yaitu 64. Sementara skor kecepatan loadingnya di komputer ada di angka 85.

Hal yang menjadi masalah adalah, trafik pengunjung blog tersebut ternyata lebih banyak dari perangkat mobile, seperti Smartphone dan Tablet. Tentu saja saya harus mempertimbangkan mana yang akan saya pilih, antara tampilan blog yang saya sukai dengan kenyamanan pengunjung blog. Dengan skor kecepatan loading blog yang rendah, sangat mungkin, banyak dari pengunjung yang menekan tombol back sebelum mereka benar-benar melihat tampilan dan konten blog saya tersebut.


Untuk mengujinya secara akurat, saya kemudian membuka blog tersebut melalui sebuah Tablet. Saya juga membandingkan kecepatan loading blog tersebut dengan kecepatan loading blog Bayi Komputer ini. Hasilnya, apa yang dinyatakan Google Pagespeed Insight memang benar. 

Akhirnya, saya dengan berat hati, harus mengganti template blog tersebut dengan template baru yang telah saya buat dan saya sempurnakan sebelumnya. Segala puji bagi Tuhan, template baru blog tersebut, kini memiliki skor kecepatan loading di perangkat mobile pada angka 73, sementara pada perangkat komputer Desktop dan Laptop, kecepatan loadingnya kini berada di angka 86.

Kesimpulannya, kita membutuhkan alasan tepat untuk mengganti template. Salah satunya adalah faktor kecepatan loading blog di perangkat dimana blog lebih banyak diakses oleh pengunjung. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan dab trafik pengunjung dari perangkat dimaksud, selain tentunya untuk mendapatkan jumlah penghasilan melalui klik iklan yang lebih banyak.

Demikian artikel tentang alasan tepat mengganti template. Semoga bermanfaat.

Alasan Tepat untuk Mengganti Template Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aneka Pendidikan

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon