June 05, 2016

7 Perlengkapan Ngeblog yang Dibutuhkan Seorang Blogger

Dias Akhmad  |  at  June 05, 2016  |   |  No comments
coinpayu

Dalam menjalankan aktivitas ngeblog, kita membutuhkan beberapa perlengkapan untuk menunjang kelancaran ngeblog. Beberapa diantaranya ada yang sangat penting dan beberapa lainnya hanya sebagai pelengkap yang mungkin tidak begitu dibutuhkan. Hal ini sangat bergantung pada kondisi, kebutuhan dan minat masing-masing blogger. 

Terpenuhinya perlengkapan ngeblog akan membuat aktivitas ngeblog yang kita lakukan menjadi efektif dan nyaman. Dengan demikian, hasil atau output, terutama artikel-artikel yang kita buat bisa sesuai dengan apa yang kita harapkan. Lalu, apa saja perlengkapan ngeblog yang dibutuhkan seorang Blogger?

Berikut 7 perlengkapan ngeblog yang dibutuhkan seorang Blogger :

1. Tempat yang nyaman
Jika kita bisa duduk dengan nyaman untuk melakukan aktivitas ngeblog, maka kita akan bisa lebih fokus dan produktif saat ngeblog, tapi jika tempatnya kurang atau sama sekali tidak nyaman, maka sangat mungkin kita tidak bisa berlama-lama ngeblog dan jauh dari produktif. Misalnya saja dengan tempat duduk yang kita gunakan untuk ngeblog, ada kalanya pinggang kita jadi mudah pegal karena tempat duduk yang tidak nyaman, sudah pasti, baru beberapa artikel saja yang kita tulis, kita sudah berhenti ngeblog karena kelelahan.

2. Komputer
Komputer yang saya maksud bisa berupa PC atau laptop. Komputer mutlak diperlukan untuk melakukan aktivitas ngeblog dengan mudah dan nyaman. Bagi Anda yang lebih suka menggunakan laptop, saya sarankan untuk menggunakan laptop dengan ukuran 14 Inc sehingga kita tetap nyaman dengan ukuran layar yang cukup lebar. Ukuran layar yang sempit, akan menghasilkan ukuran tulisan yang lebih kecil sehingga bisa membuat mata kita cepat lelah.


3. Koneksi internet
Blogging atau aktivitas ngeblog dilakukan secara online sehingga membutuhkan jaringan atau koneksi internet yang baik. Untuk mendapatkan koneksi internet, kita bisa pergi ke Warnet, ke tempat-tempat yang menyediakan Wifi, atau bisa juga dengan memasang Speedy di rumah kita. Alternatif lain yang lebih simple adalah penggunaan Usb Modem dengan paket data internet yang saat ini banyak dijual oleh berbagai vendor seluler di Indonesia, misalnya Simpati, XL, dan Smartfren.

4. Smartphone
Smartphone seperti Blackberry, Samsung Galaxy Tab, Ipad dan lain-lain, merupakan gawai atau gadget yang memiliki banyak kegunaan (multifungsi). Selain dapat langsung digunakan untuk ngeblog dengan paket data internet yang tersedia, Smartphone juga dilengkapi dengan kamera canggih yang bisa digunakan untuk mengambil gambar atau video dengan kualitas yang baik untuk digunakan sebagai bahan ngeblog. Satu-satunya kekurangan yang ada pada Smartphone saat kita gunakan untuk ngeblog adalah sering terjadinya kesalahan dalam mengetik (typo) karena kecilnya Keypad.

5. Kamera
Untuk mendapatkan kualitas gambar yang bagus, seorang Blogger juga memerlukan sebuah kamera canggih seperti DSLR maupun Pocket Camera. Kualitas gambar atau foto yang baik memang sangat penting dalam ngeblog karena dapat mendukung kekuatan tulisan. Pada akhirnya, seorang Blogger juga harus mempelajari bagaimana teknik pengambilan gambar yang baik.


6. Media penyimpan data eksternal
Media penyimpan data eksternal yang saya maksud bisa berupa Hardisk Eksternal, Flashdisk, SD Card atau Kartu Memori, Maupun CD dan DVD. Media penyimpanan tersebut wajib dimiliki Blogger untuk menyimpan data-data ngeblog seperti gambar atau foto, video, draft artikel yang ditulis di Word dan lain-lain.

7. Makanan dan minuman
Makanan dan minuman adalah teman setia banyak Blogger saat ia tengah berkutat dengan Blog nya, Namun demikian, kita harus memperhatikan faktor kesehatan. Jangan sampai kita kemudian menjadi gemuk karena terlalu banyak ngemil atau meminum aneka soda. Pilihlah makanan atau minuman yang sehat, misalnya kue, buah, dan air putih. Banyak Blogger juga suka dengan kopi dan teh, tapi tentu harus dijaga agar jangan terlalu sering untuk menghindari ancaman penyakit gula atau Diabetes.

Demikian artikel tentang 7 perlengkapan ngeblog yang dibutuhkan seorang Blogger. Semoga bermanfaat.

7 Perlengkapan Ngeblog yang Dibutuhkan Seorang Blogger Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aneka Pendidikan

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon