10/19/2015

Kriteria Presentasi yang Baik

Dias Akhmad  |  at  10/19/2015  |   |  No comments

Sebuah presentasi yang baik harus memenuhi beberapa kriteria. Kriteria ini dibuat salah satunya untuk mengukur sejauh mana sebuah presentasi yang kita sampaikan dapat dicerna atau diserap oleh audience dengan baik. Apa saja kriteria itu? Di artikel ini Bayi Komputer akan mencoba menulis tentang kriteria presentasi yang baik. Selamat membaca.


Kriteria presentasi yang baik yang saya tuliskan di sini disadur dari sebuah buku karya Tedy J Sitepu yang berjudul “Presentation with Impact”. Menurut beliau, sebuah presentasi dikatakan baik jika memenuhi beberapa kriteria berikut  :

1. Impressive
Presentasi yang impressive adalah presentasi yang mampu menarik perhatian dan antusias audience. Perhatian audience  menjadi fokus bisa karena materi, layout atau design slide, ukuran huruf atau tulisan, data yang ditampilkan dan cara penyampaian yang baik.

Pada layout Powerpoint,  tulisan yang terlalu banyak akan menyebabkan ukuran hurufnya menjadi kecil sehingga sulit dibaca oleh peserta atau audience. Selain itu, tulisan yang terlalu banyak menunjukkan ke-tidak-fokusan akan apa yang ingin disampaikan. 


2. Powerful
Presentasi yang baik mampu menularkan energi positif kepada audience dan menggerakkan audience untuk melakukan hal yang disarankan, baik pada saat presentasi berlangsung maupun setelah selesainya acara presentasi. Presentasi yang powerfull akan diingat dalam waktu yang lama oleh audience. 

3. Kontekstual
Presentasi harus tetap pada pesan atau konteks yang ingin disampaikan. Jangan sampai karena menginginkan presentasi yang bagus dan menarik, konteks menjadi tidak relevan dengan apa yang ingin disampaikan.

4. Actual
Setiap data, informasi, peristiwa dan contoh-contoh yang dipaparkan dalam presentasi harus aktual dan sesuai dengan perkembangan dan keadaan terkini. Jika kita memaparkan data atau peristiwa yang sudah terlalu lama, audience akan berpikir bahwa kejadian tersebut sudah tidak relevan lagi sehingga  menjadi tidak menarik. 

5. Trustworthy
Semua data, informasi, peristiwa dan apa saja yang dimasukkan dalam presentasi adalah keadaan yang sebenarnya, bukan suatu rekayasa. Kejujuran data adalah suatu keharusan dalam sebuah presentasi yang baik.

Anda juga bisa membaca artikel : Keahlian presentasi dan manfaat presentasi

Demikian artikel tentang kriteria presentasi yang baik. Semoga bermanfaat.

Kriteria Presentasi yang Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nur Makhasin

Silahkan tinggalkan komentar Anda.