October 19, 2015

Berapa Durasi atau Lama Waktu Ideal untuk Sebuah Presentasi?

Dias Akhmad  |  at  October 19, 2015  |   |  No comments
coinpayu

Presentasi yang terlalu lama akan bisa menjadi membosankan bagi peserta atau audience meskipun materi yang disampaikan menarik. Hal ini terjadi karena audience mulai merasakan lelah duduk sehingga konsentrasi pun menjadi berkurang hingga menjadi bosan untuk menyimak apa yang disampaikan oleh narasumber dalam sebuah acara presentasi. Lalu berapa lama durasi atau lama waktu ideal untuk sebuah presentasi?


Menurut hemat saya, durasi waktu untuk sebuah presentasi idealnya adalah kurang dari 30 menit. Di atas 30 menit, audience akan mulai merasa jenuh atau bosan dan lelah menyimak. Jadi buat lah sebuah presentasi yang menarik, ringkas dan padat sehingga isi presentasi dapat diserap oleh audience dengan efektif.

Jika kita ingin menyampaikan hal yang lebih luas dari sebuah topik, maka buatlah 2 kali acara presentasi. Jangan dipaksakan sekaligus dalam satu waktu hingga membutuhkan waktu lama misalnya sampai 1 jam. Banyaknya materi yang disampaikan dalam satu waktu bahkan berpotensi tidak dapat diserap oleh audience karena fokus audience yang menurun.

Dengan presentasi selama kurang dari 30 menit dan dibawakan dengan menarik, maka isi atau pesan dari materi presentasi yang kita sampaikan, diharapkan dapat diserap dengan baik oleh semua audience. Demikian artikel tentang berapa lama durasi atau lama waktu ideal untuk sebuah presentasi?. Semoga bermanfaat.

Berapa Durasi atau Lama Waktu Ideal untuk Sebuah Presentasi? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aneka Pendidikan

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon