10/19/2015

Cara agar Presentasi Menjadi Mudah dan Menyenangkan

Dias Akhmad  |  at  10/19/2015  |   |  No comments

Dalam membawakan sebuah materi presentasi, seringkali kita banyak berpikir hingga menjadi kehilangan fokus. Kita berpikir apakah presentasi kita menarik? sukakah audience dengan cara kita membawakan presentasi?, apakah ada "si dia" yang tengah ikut hadir di acara presentasi ini?, dan berbagai pertanyaan dalam hati lainnya yang membuat kita kehilangan fokus dalam membawakan presentasi. Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara agar presentasi menjadi mudah dan menyenangkan. Selamat membaca.


Berikut adalah cara agar presentasi menjadi mudah dan menyenagkan :

1. Pahami materi presentasi
Luangkan waktu minimal 2 jam untuk memahami keseluruhan isi materi yang akan kita bawakan. Dengan memahami isi materi presentasi, maka kita akan bisa mengkondisikan sikap dan ucapan selama dalam membawakan presentasi.

2. Tak perlu menyusun draft kata-kata
Terkadang untuk membuat sebuah presentasi yang sempurna kita kemudian merancang dan menyusun draft kata-kata apa saja yang akan kita ucapkan di acara presentasi. Dalam banyak kasus, hal ini justru menjadi penyebab kita kehilangan fokus di tengah jalannya presentasi karena kita sibuk mengingat kata apa selanjutnya yang akan kita ucapkan. Ikuti saja materi presentasi yang sudah ada di slide presentasi dan biarkan sikap dan ucapan kita mengkondisikannya.

3. Hiraukan penilaian
Usahakan untuk tidak memikirkan apa penilaian audience tentang kita dan presentasi kita. Fokuslah pada materi presentasi. Baik dan buruk hasilnya nanti, jangan pikirkan sekarang tapi nanti. Nanti saja setelah kita selesai presentasi untuk mengevaluasi cara kita membawakan presentasi.


Dengan 3 hal di atas, sebuah presentasi akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan untuk dibawakan. Demikian cara agar presentasi menjadi mudah dan menyenangkan. Semoga bermanfaat.

Cara agar Presentasi Menjadi Mudah dan Menyenangkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nur Makhasin

Silahkan tinggalkan komentar Anda.