October 19, 2015

Tips untuk Membuat Audience Antusias dengan Presentasi Kita

Dias Akhmad  |  at  October 19, 2015  |   |  No comments
coinpayu

Tak jarang dalam sebuah acara presentasi, kita melihat peserta atau audience tak cukup antusias menyimak apa yang disampaikan oleh pembawa presentasi atau narasumber. Ada yang sibuk bercanda, bermain handphone atau bahkan mengantuk. Kenapa hal ini bisa terjadi? jawabannya adalah karena tidak adanya antusias dari audience terhadap materi dan penyampaian narasumber. Untuk itu, di artikel ini kita akan mencoba membahas tentang tips untuk membuat audience antusias dengan presentasi kita.


Berikut adalah tips untuk membuat audience antusias dengan presentasi kita:

1. Kulitas materi yang baik
Sebuah materi yang baik memiliki sifat sebagai berikut :
  • Menarik. Isi materi harus menarik sehingga audience berminat untuk menyimaknya dengan antusias
  • Ringkas dan padat. Sebuah materi presentasi yang bertele-tele akan membuat audience menjadi bosan dan kehilangan fokus karena terlalu banyak yang dibahas. Untuk itu buatlah materi yang menarik dan juga ringkas dan padat.
2. Penyampaian presentasi yang baik
Selain kualitas materi yang baik, penyampaian dalam presentasi juga harus baik. Adapun beberapa tips untuk dapat menyampaikan presentasi dengan baik adalah sebagai berikut :
  • Tenang dan yakin. Tak ada yang lebih baik dari sebuah kontrol diri yang baik. Berusaha lah tetap tenang dalam memberikan atau menyampaikan materi. Sikap gugup akan mudah terbaca oleh audience dan menjadikan presentasi kita tidak berjalan baik. Tenang dan yakin lah bahwa kita bisa membawakan presentasi dengan baik.
  • Antusias. Untuk menumbuhkan antusias audience, kita harus menyampaikan materi presentasi kita dengan antusias. Sikap antusias akan bisa kita transfer dengan baik kepada audience atau peserta presentasi dengan penyampaian yang antusias. Jika kita sendiri tidak atau kurang antusias dengan materi presentasi yang kita bawakan, maka tidak heran jika audience pun menjadi tidak antusias.
  • Menjauhi perkataan negatif. Jauhilah segala bentuk perkataan negatif seperti sindiran, pesimisme atau kata-kata lain yang mengandung unsur negatif meskipun hanya digunakan untuk bercanda. Biarkan energi positif menyelimuti audience selama presentasi berlangsung.
Demikian tips untuk membuat audience antusias dengan presentasi kita. Semoga bermanfaat.

Tips untuk Membuat Audience Antusias dengan Presentasi Kita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aneka Pendidikan

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon