March 21, 2020

Penyebab HP atau Smartphone Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Dias Akhmad  |  at  March 21, 2020  |  ,  |  No comments

Handphone atau Smartphone merupakan produk canggih yang memiliki banyak komponen serta fungsi yang beragam. Hampir semua orang telah menggunakan Smartphone. Namun salah satu yang menjadi masalah yang sering dialami pengguna Smartphone adalah HP atau Smartphone yang cepat panas saat digunakan.

Ada pun penyebabnya, bisa dari faktor internal seperti baterai dan aplikasi yang terlalu banyak, serta faktor eksternal berupa casing serta suhu ruangan yang panas di sekitarnya.


Berikut beberapa penyebab HP atau Smartphone cepat menjadi panas dan bagaimana cara mengatasinya:

1. Baterai HP yang Bermasalah
Ditandai dengan adanya panas berlebih pada bagian belakang HP atau Smartphone. Baterai yang sudah rusak atau menurun fungsinya dapat membuat HP menjadi lebih cepat panas.

Cara mengatasinya adalah dengan mengganti baterai lama atau baterai yang rusak dengan baterai yang baru.

2. Terlalu Banyak Apliasi yang Terinstall
Selain membuat ruang penyimpanan (storage) cepat penuh, memasang terlalu banyak aplikasi juga dapat membuat HP menjadi cepat panas karena terlalu banyak recourse (sumber daya) yang digunakan untuk menjalankan aplikasi.

Solusi atau cara mengatasinya adalah dengan menghapus (remove/uninstall) aplikasi yang tidak begitu kita perlukan.

3. Menjalankan mode Overclock atau Turbo Mode
Overclock atau Turbo Mode digunakan untuk memacu kinerja processor Smartphone menjadi lebih cepat dari normal. Mode ini banyak digunakan saat memainkan game untuk mendapatkan performa terbaik. Namun sebagai efeknya, HP atau Smartphone akan menjadi lebih cepat panas.

Cara mengatasinya adalah dengan mematikan mode Overclock atau Turbo Mode begitu selesai memainkan game.

4. Charger Tidak Seusai Spesifikasi
Kadang saat kita lupa membawa charger, kita meminjam charger milik teman. Memang terlihat tidak ada masalah, baterai bisa mengisi saat di-charge. Tapi ada hal yang kita lupakan, yaitu belum tentu charger milik teman kita memiliki spesifikasi yang sama dengan charger HP atau Smartphone kita.

Charger yang tidak sesuai spesifikasi bisa menyuplai daya yang lebih tinggi atau kurang dari yang seharusnya. Karena arus tegangan yang diterima tidak sesuai, maka HP menjadi lebih cepat panas meski baterinya terisi.

Solusi atau cara mengatasinya adalah dengan selalu menggunakan charger bawaan atau yang sesuai dengan spesifikasi (output yang dibutuhkan) HP kita.

5. Meletakkan HP di Suhu Panas
Smartphone yang dalam keadaan aktif dengan sendirinya menghasilkan panas sebagai dampak dari kerja processor HP, apalagi jika kita meletakkan HP pada ruangan atau tempat yang panas. Otomatis, HP akan menjadi lebih cepat panas.

Cara mengatasinya adalah dengan menjauhkan HP dari terkena panas secara langsung atau berdekatan dengan benda yang menghasilkan panas.

6. Menggunakan Casing HP yang Terlalu Ketat
Casing HP memang membuat HP kita tampak lebih menarik. Namun perlu diketahui bahwa casing HP yang terlalu ketat dapat membuat HP atau Smartphone menjadi lebih cepat panas karena kurangnya sirkulasi udara.

Cara mengatasinya dengan menggunakan casing yang sesuai atau tidak terlalu ketat.

7. Menggunakan HP yang Sedang Di-Charge
Menggunakan HP pada saat HP tersebut sedang di-charge dapat membuat HP cepat panas karena di satu sisi baterai tengah mengisi dan di sisi lain dipakai resourcenya pada waktu bersamaan. Hal ini menjadi lebih buruk apabila kondisi baterai sudah berada pada level merah atau pengisiannya berada di bawah 10%.

Solusi atau cara terbaik mengatasinya adalah dengan menunggu sampai baterai HP kita terisi sepenuhnya.

Semoga bermanfaat.

Penyebab HP atau Smartphone Cepat Panas dan Cara Mengatasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon