6/10/2016

Cara Menyaring Konten Dewasa di Google Search Tanpa Software

Dias Akhmad  |  at  6/10/2016  |  ,  |  No comments

Saat ini, banyak dari anak-anak usia sekolah yang telah diberikan gadget oleh orangtuanya, baik dengan alasan sebagai alat komunikasi, untuk membantu mengerjakan tugas sekolah dan lain-lain. Gadget ini umumnya berupa laptop dan smartphone yang tentu saja dilengkapi dengan akses internet, baik via Wifi, Usb Modem, dan paket data internet.

Melakukan pencarian atau searching di internet terutama di Google Search, adalah sesuatu yang sudah menjadi aktivitas sehari-hari. Mulai dari mencari bahan untuk mengerjakan tugas sekolah, melihat berita, dan menonton video di Youtube. Seringkali anak-anak ini bahkan tanpa sengaja menemukan link ke situs dewasa yang kemudian diaksesnya tanpa hambatan, dari ke-tidak-sengajaan ini, bisa berlanjut ke kunjungan berikutnya dan bahkan terobsesi untuk mencari yang lebih menantang dengan menggunakan kata kunci yang telah dipikirkannya.


Hal inilah yang belakangan ramai diperbincangkan mengenai desakan ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia) kepada pemerintah, untuk memblokir situs Google dan Youtube karena dianggap membantu menyebarkan konten dewasa dan kekerasan.

Desakan yang disampaikan ICMI sebenarnya merupakan hal baik, namun memblokir Google dan Youtube bukanlah satu-satunya jalan, dimana Google juga menyumbang tak terhingga kebaikan berupa pengetahuan di segala bidang bagi user (pengguna komputer dan internet) di Indonesia. 

Google sendiri sebenarnya sangat paham akan resiko tersebut, buktinya mereka sudah jauh-jauh hari menyediakan fitur bernama SafeSearch atau TelusurAman. Sebuah Fitur yang sengaja disiapkan untuk menyaring atau memfilter hasil pencarian dari konten-konten kekerasan dan khusus dewasa.

Namun, fitur ini tidak aktif secara default, artinya, kita harus mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu, sebelum diterapkan ke mesin pencari Google. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengaktifkan fitur SafeSearch atau TelusurAman :

1. Buka halaman Preferences di Google.com atau langsung ke link ini
2. Di halaman Preferences, Anda akan menjumpai panel seperti pada gambar di bawah ini :


3. Beri tanda centang dengan cara klik pada kotak pilihan Turnon SafeSearch atau Aktifkan TelusurAman
4. Klik Lock Safesearch.atau Gembok TelusurAman


5. Anda akan diminta untuk login ke akun Google Anda. Silahkan masukkan Username atau Nama Pengguna dan Password atau Kata Sandi akun Anda, lalu klik login atau masuk


6. Setelah Anda berhasil login, Anda akan dibawa kembali ke panel SafeSearch atau Aktifkan TelusurAman, kali ini klik Lock Safesearch.atau Gembok TelusurAman dan biarkan Google menerapkan pengaturan baru ke seluruh domain mereka. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 5 menit atau lebih tergantung kecepatan koneksi internet di Komputer atau Smartphone Anda.


8. Jika berhasil, Anda akan dihadapkan pada panel seperti gambar di bawah ini :


9. Selesai. Fitur SafeSearch atau TelusurAman telah aktif. 

Sampai di sini, Anda telah berhasil menyaring konten dewasa di Google Search tanpa software atau aplikasi apapun. Dengan demikian, kita bisa cukup tenang saat membiarkan anak-anak kita berselancar di internet menggunakan Google Search. Namun kita tetap harus memberikan pendampingan sekali waktu kepada anak-anak kita tentang penggunaan internet yang baik.

Anda juga bisa membaca artikel : Apa itu Sistem Online to Offline atau O2O?

Demikian artikel tentang cara menyaring konten dewasa di Google Search tanpa software. Semoga bermanfaat.

Cara Menyaring Konten Dewasa di Google Search Tanpa Software Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nur Makhasin

Silahkan tinggalkan komentar Anda.