6/10/2016

Apa yang Saya Lakukan Saat Kehabisan Ide Menulis?

Dias Akhmad  |  at  6/10/2016  |   |  No comments

Sebagai seorang Blogger yang masih belajar, saya kadang kehabisan ide untuk menulis artikel di blog. Meski saya telah berusaha fokus, namun seringkali saya tetap mengalami kesulitan untuk menemukan ide tulisan. Saat kondisi demikian, saya kemudian memikirkan cara agar saya tetap produktif mengisi waktu Blogging yang saya jadwalkan.


Lalu, apa yang saya lakukan saat kehabisan ide menulis?. Berikut adalah beberapa hal yang saya lakukan saat saya kehabisan ide menulis agar waktu Blogging saya tetap produktif :

1. Mengedit isi artikel
Percaya atau tidak, terkadang kita sering menemukan typo atau kesalahan ketik di dalam artikel yang telah kita publikasikan. Kesalahan ketik ini tentu akan mengganggu kenyamanan pembaca blog. Saat saya kehabisan ide menulis, saya akan membuka satu per satu postingan atau artikel di blog saya untuk memeriksa apakah masih ada typo yang harus diedit atau dikoreksi.

2. Mengedit template
Jika sudah mengedit template, maka saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam, bahkan sampai lupa waktu. Ini sebenarnya kontra-produktif jika kita sedang ingin membuat banyak artikel. Namun karena saya juga mendapatkan penghasilan dari membuat dan menjual template blog, maka hal itu tetap masuk dalam daftar produktif aktivitas Blogging saya.

3. Cek kesehatan blog di Google Webmaster Tool
Sangat disarankan untuk mengecek kesehatan situs atau blog kita di Google Webmaster Tool (GWT) secara berkala. GWT dapat membantu kita menunjukkan adanya kesalahan perayapan maupun kesalahan data terstruktur yang harus kita perbaiki. Melakukan perawatan atau perbaikan secara rutin, jauh lebih mudah dan ringan dilakukan daripada saat jumlah kesalahan yang kita temukan telah sangat banyak di GWT, yang membuat kita malah jadi bingung dan malas memperbaikinya.

4. Menonton trafik pengunjung blog di Google Analytics
Bagi saya, menonton trafik pengunjung di Google Analytics jauh lebih seru daripada menonton pertandingan Sepak Bola. Saya seringkali tertawa sendiri saat melihat kata kunci yang diketikkan pengunjung blog yang kemudian sampai di blog ini. Dari kata kunci yang pengunjung ketikkan ini juga, saya sering mendapatkan ide tulisan, utamanya, saat kata kunci tersebut menarik dan belum pernah saya tuliskan dalam artikel-artikel yang saya tulis.

5. Mencari gambar
Gambar atau foto adalah sesuatu yang bisa menguatkan isi artikel yang kita tulis. Tanpa gambar atau foto, artikel juga terlihat kurang menarik dan membuat pembaca cepat bosan. Saat sedang tidak ada ide menulis, saya akan berselancar di internet untuk mencari gambar-gambar yang menarik dan unik. Gambar-gambar tersebut saya unduh untuk saya simpan di sebuah folder khusus sebagai bahan pelengkap artikel.

Demikian artikel tentang apa yang saya lakukan saat kehabisan ide menulis?. Semoga bermanfaat.

Apa yang Saya Lakukan Saat Kehabisan Ide Menulis? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nur Makhasin

Silahkan tinggalkan komentar Anda.