May 21, 2016

Perlukah Kita Memasang Lebih dari Satu Antivirus Dalam Satu Komputer?

Dias Akhmad  |  at  May 21, 2016  |   |  No comments
coinpayu

Semakin hari, varian virus komputer menjadi semakin banyak. Menjadi ancaman serius bagi semua pengguna komputer. Entah sudah berapa banyak dari kita yang pernah mengalami hilang atau rusaknya data, bahkan harus install ulang komputer karena serangan virus. Untuk mengantisipasi serangan virus, ada banyak dari kita yang kemudian memasang lebih dari satu antivirus di komputernya.


Pertanyaannya, perlukah kita memasang lebih dari satu antivirus dalam satu komputer?

Setiap antivirus memang memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Berdasarkan pertimbangan ini, banyak pengguna komputer yang kemudian memasang lebih dari satu antivirus dalam satu komputer. Langkah ini tentunya adalah langkah yang baik untuk memberikan perlindungan ganda terhadap komputer dari serangan virus.

Namun ada yang harus diperhatikan dalam hal ini, memasang lebih dari satu antivirus dalam satu komputer, dapat menyebabkan loading komputer menjadi lambat atau bahkan menjadi hang. Di beberapa kasus, adanya dua antivirus dalam satu komputer dapat menyebabkan terjadinya konflik dan memunculkan error pada pada sistem komputer.

Jadi, kita boleh saja memasang lebih dari satu antivirus di komputer kita, namun kita harus memastikan bahwa dua antivirus yang dipasang dalam satu komputer tersebut benar-benar bisa dipadukan.. Sebagai contoh, antivirus Smadav buatan anak negeri bisa dipadukan dengan antivirus lain seperti Avast Antivirus.

Hal lain yang lebih penting adalah untuk tetap melakukan update antivirus. Meskipun kita telah memasang dua atau lebih antivirus pada komputer kita, namun jika antivirus tersebut tak pernah di-update, maka takkan banyak membantu untuk melindungi komputer kita dari serangan virus.

Untuk mengurangi pemakaian memory yang disebabkan pemasangan dua antivirus, kita bisa memilih untuk menginstall antivirus yang memiliki file instalasi dengan ukuran yang relatif kecil, caranya dengan melakukan klik kanan pada file instalasi antivirus dan pilih properties, disana kita akan mengetahui berapa besar ukuran atau size file instalasinya.

Demikian artikel tentang perlukah kita memasang lebih dari satu antivirus dalam satu komputer?. Semoga bermanfaat.

Perlukah Kita Memasang Lebih dari Satu Antivirus Dalam Satu Komputer? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aneka Pendidikan

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon