May 23, 2016

Mengenal Lebih Dekat Tentang GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA dan LTE

Dias Akhmad  |  at  May 23, 2016  |   |  No comments
coinpayu

Bagi kita yang menggunakan handphone dan modem seluler untuk mengakses internet, kecepatan internet sangat dipengaruhi oleh kualitas layanan provider dan dan sinyal yang ada. Ada beberapa jenis sinyal yang perlu kita ketahui, diantaranya adalah GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA dan LTE.


GPRS

GPRS (General Packet Radio Service) merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk pengiriman dan penerimaan paket data. GPRS juga sering disebut sebagai teknologi 2,5G. GPRS memberikan kecepatan akses antara 56 kbps hingga 115 kbps. Fasilitas yang diberikan antara lain : Email, MMS (Multimedia Service), dan browsing internet.

EDGE

EDGE (Enhanced Data for Global Evolution) adalah teknologi perkembangan dari GSM (Global System for Mobile Communication) yang merupakan tingkatan sinyal seluler yang pertama. EDGE memberikan kecepatan akses sekitar 384 kbps hingga 473,6 kbps. Fasilitas yang diberikan sama dengan GPRS.

UMTS

UMTS (Universal Mobile Telecommunication Service) merupakan teknologi perkembangan dari EDGE. Teknologi ini juga sering disebut sebagai teknologi generasi ketiga atau 3G. UMTS memberikan kecepatan akses hingga 480 kbps. Fasilitas yang diberikan oleh UMTS adalah Email, MMS, browsing internet, video streaming dan video conference.

HSDPA

HSDPA (High Speed Download Packet Access) adalah teknologi perkembangan selanjutnya dari 3G. HSDPA memberikan kecepatan akses hingga 480 kbps. Sama seperti UMTS, namun banyak pihak yang menganggap lebih cepat. Fasilitas yang diberikan sama seperti UMTS.

LTE (4G)

LTE (Long Term Evolution) atau sering disebut dengan teknologi 4G, merupakan perkembangan selanjutnya dari teknologi 3G. Teknologi 4G populer karena kecepatan transfernya yang mencapai sekitar 100 Mbps untuk donwlink dan 50 Mbps untuk uplink. Dengan teknologi LTE atau 4G ini kita bisa mengakses internet dengan lebih cepat serta dapat mendownload dan mengupload video beresolusi tinggi.

Demikian artikel mengenal lebih dekat tentang GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA dan LTE. Semoga bermanfaat.

Mengenal Lebih Dekat Tentang GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA dan LTE Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aneka Pendidikan

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon