May 25, 2016

Definisi atau Pengertian Template Responsive dan Kelebihannya untuk Website atau Blog

Dias Akhmad  |  at  May 25, 2016  |   |  No comments
coinpayu

Kemajuan teknologi yang berkembang pesat, menghadirkan berbagai perangkat atau device yang dapat digunakan untuk mengakses internet dengan mudah. Jika dulu kita hanya mengenal komputer desktop atau PC dan laptop, maka sekarang telah hadir smartphone, tablet, dan ipad.

Smartphone, tablet dan ipad memiliki ukuran layar yang relatif kecil, tidak seperti pada komputer desktop atau laptop. Dengan demikian, pada saat membuka sebuah website atau blog pada device tersebut, pengguna harus menggesar layar ke kiri dan ke kanan untuk dapat melihat seluruh konten website atau blog. Hal ini tentu saja tidak nyaman. Dari sinilah, ide awal dari pembuatan template responsive dikemukakan.

Definisi atau pengertian template responsive

Template responsive adalah template yang dapat menyesuaikan tampilannya dengan baik di berbagai perangkat atau device dengan ukuran layar yang berbeda-beda.


Kelebihan template responsive

Karena dapat menyesuaikan tampilannya dengan baik di semua perangkat, maka website atau blog yang menggunakan template responsive lebih disukai oleh pengunjung atau pembaca. Mereka (pengunjung) dapat menikmati konten yang disajikan dengan nyaman. Hal ini menjadikan pengunjung betah untuk berlama-lama menjelajahi isi website atau blog tersebut. Dengan demikian, bounce rate website atau blog tersebut akan semakin baik, begitu juga dengan value (nilai) website atau blog tersebut di mata pengunjung.

Sebagaimana Google yang sangat mengutamakan kenyamanan pengguna, seharusnya kita juga melakukan hal yang sama kepada pengunjung website atau blog kita. Sebagus apapun konten yang ada pada website atau blog kita, tapi jika pengunjung harus selalu menggeser layar ke kiri atau ke kanan, dan melakukan zoom untuk dapat membaca teks yang terlihat sangat kecil, maka pengunjung tidak akan merasa nyaman. Sangat mungkin pengunjung akan memilih untuk segera pergi meninggalkan website atau blog kita.

Dengan template responsive, kita telah berupaya untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung untuk melihat tampilan, membaca konten dan menggunakan navigasi di website atau blog kita. Selebihnya, konten akan menentukan apakah website atau blog kita menyediakan apa yang dicarinya atau tidak.

Bagaimana cara kita mengetahui bahwa template tersebut responsive atau tidak?

Untuk dapat mengetahui apakah sebuah template benar-benar responsive, kita bisa menggunakan beberapa website berikut ini untuk melakukan tes:
  • www.responsinator.com
  • www.responsivetest.net
  • www.responsivedesignchecker.com
Caranya, silahkan Anda buka salah satu alamat website di atas, pastekan alamat (Url) website atau blog yang akan Anda tes pada kolom yang disediakan, lalu klik tombol "Go" atau tekan "Enter" pada keyboard. Anda akan melihat simulasi tampilan website pada berbagai perangkat berbeda.

Cara lainnya untuk mengetahui apakah sebuah template benar-benar responsive, yaitu dengan cara klik kanan pada website atau blog yang akan kita tes, lalu pilih "inspeksi" atau "inspect".

Demikian artikel tentang definisi atau pengertian template responsive dan kelebihannya untuk sebuah website atau blog. Semoga bermanfaat.

Definisi atau Pengertian Template Responsive dan Kelebihannya untuk Website atau Blog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aneka Pendidikan

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon