5/24/2016

Browser Pertama di Dunia dan Sejarahnya

Dias Akhmad  |  at  5/24/2016  |   |  No comments

Browser atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai peramban atau penjelajah web adalah sebuah software yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan informasi di internet. Saat ini banyak browser yang bisa kita pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing. Beberapa contoh browser yang populer saat ini adalah Google Chrome, Firefox, Internet Explorer, Opera dan Safari.


Browser pertama di dunia dan sejarahnya

Proyek "World Wide Web" yang dikerjakan oleh Timothy Barnes-Lee pada tahun 1990 menandai munculnya situs web pertama di dunia, sekaligus melahirkan web browser pertama di dunia yang ia beri nama Lexus. Browser ini masih sangat sederhana.

Pada 22 April 1993, Marc Andreessen melalui proyek NCSA (Center for Supercomputing Applications), membuat dan meluncurkan sebuah browser yang lebih canggih dengan nama Mosaic. Browser ini sangat mudah digunakan dan sudah dapat memuat gambar. Karenanya, Mosaic menjadi cepat populer dan dianggap sebagai browser pertama di dunia yang sebenarnya.

Satu tahun setelahnya, pada 1994, Marc Andreessen keluar dari proyek NCSA dan kembali membuat dan meluncurkan browser baru bernama Netscape Navigator. Kemunculan Netscape kemudian menengelamkan Mosaic dan menjadikan Netscape sebagai browser paling populer saat itu. 

Tahun berikutnya, Microsoft merilis Internet Explorer sebagai browser baru yang segera menandingi popularitas Netscape. Persaingan pun terjadi antara Internet Explorer (IE) dengan Netscape selama rentang tahun 1995 hingga 1998 yang kemudian dikenal dengan masa "perang browser". IE akhirnya berhasil mengungguli Netscape.

Demikian artikel tentang browser pertama di dunia dan sejarahnya. Semoga bermanfaat.

Browser Pertama di Dunia dan Sejarahnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nur Makhasin

Silahkan tinggalkan komentar Anda.