March 30, 2016

Cara Mudah Membuat Teks Berjalan atau Marquee di Blog

Dias Akhmad  |  at  March 30, 2016  |   |  No comments
coinpayu

Teks berjalan atau marquee sangat baik digunakan jika kita ingin menarik perhatian pengunjung atau pembaca blog untuk membaca pesan penting yang ingin kita sampaikan. Lazimnya, banyak blogger yang menggunakan marquee sebagai ucapan selamat datang di blog atau notifikasi hal-hal penting lainnya.

Bagaimana cara membuat marquee?

Marquee merupakan beberapa baris kode HTML (Hyper Text Markup Languange) yang sangat mudah kita buat. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan kode di bawah ini:

<MARQUEE align="center" direction="right" height="25" scrollamount="2" width="90%">
Bayi Komputer : Tempat Belajar Komputer, Internet, Blogging dan Bisnis Online
</MARQUEE>

Hasilnya akan menjadi seperti ini :

Bayi Komputer : Tempat Belajar Komputer, Internet, Blogging dan Bisnis Online

Horee... Berhasil membuat marquee!! 


Nah, sekarang bagaimana cara mudah membuat teks berjalan atau marquee seperti contoh di atas?, jawabannya sangat mudah.

Jika Anda ingin membuat teks berjalan atau marque pada area posting seperti pada artikel yang tengah Anda baca ini, maka Anda tinggal copy atau salin baris kode HTML marquee di atas (baris kode berwarna hijau) kemudian pastekan di area posting dalam mode HTML. Ingat ya, bukan mode Compose, tapi mode HTML.

Setelah selesai, Anda tinggal publish artikel. Jika dilakukan dengan benar, maka teks berjalan atau marquee akan tampil di area posting blog Anda.

Oya, sedikit keterangan mengenai baris kode HTML marquee di atas :

Align="center"
Hal ini menandakan bahwa kita ingin agar posisi teks berada di tengah atau center, jika Anda ingin posisi teks berada di kiri, maka gantilah "center" dengan "left". Jika ingin teks berada di kanan, maka ganti "center" dengan "right".

Direction="right"
Kode ini berarti kita memerintahkan teks untuk berjalan dari kiri ke kanan (direction = tujuan, jadi tujuan teks adalah ke arah kanan). Jika kita ingin menggantinya agar berjalan dari kanan ke kiri, maka kita tinggal mengganti "right" dengan "left"

Height="25"
Kode height digunakan untuk mengatur tinggi latar marquee. Silahkan Anda coba dengan mengubah angka nya, misalnya menjadi 100 atau 300.

Scrollamount="2"
Baris kode ini memerintahkan pada teks untuk berjalan sebanyak 2 kali. Rubah angka 2 sesuai keinginan Anda.

Width="90%"
Kode width digunakan untuk mengatur lebar jarak tempuh teks dalam postingan, Anda bisa berimprovisasi dengan merubah besaran angkanya.

Ganti tulisan "Bayi Komputer : Tempat Belajar Komputer, Internet, Blogging dan Bisnis Online" dengan kalimat yang Anda inginkan.

Demikian artikel tentang cara mudah membuat teks berjalan atau marquee di blog. Semoga bermanfaat.

Cara Mudah Membuat Teks Berjalan atau Marquee di Blog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aneka Pendidikan

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon