9/10/2016

Mengatasi Konfirmasi Delete yang Muncul Berulang-ulang di Windows

Dias Akhmad  |  at  9/10/2016  |   |  No comments

Kemarin ada tetangga saya yang meminta tolong untuk menginstall ulang notebook milik anaknya. Sistem operasi yang terpasang sebelumnya adalah Windows XP Home Edition. Singkatnya, saya kemudian langsung melakukan instalasi menggunakan Windows 7. Proses instalasi berjalan dengan lancar.

Setelah Windows selesai dipasang, saya mencoba menguji beberapa program yang juga telah saya pasang apakah bisa berjalan dengan baik atau tidak. Namun ada hal aneh yang saya temukan, setiap kali saya melakukan klik pada sebuah program atau sebuah folder, maka muncul kotak dialog berisi konfirmasi delete secara berulang-ulang.


Melihat kejanggalan ini, saya langsung berpikir bahwa mungkin ini pekerjaan Virus. Saya berpikir demikian karena pada proses instalasi Windows 7 tidak seperti pada proses instalasi Windows XP yang akan memformat Partisi Hardisk lebih dulu, melainkan langsung melakukan install dimana nantinya sistem operasi sebelumnya akan ada dalam sebuah folder dengan nama WindowsOld.

Saya segera melakukan scan dengan Antivirus Eset Nod 32. Benar saja, terdapat lebih dari 8000 virus yang terdeteksi dan berhasil dibersihkan. Hanya ada 1 virus yang belum bisa dibersihkan oleh Eset Nod 32 dan saya anggap itu tak lagi berbahaya.

Saya restart komputer untuk melihat efeknya setelah virus dibersihkan. Namun ternyata kotak konfirmasi delete itu masih terus muncul. Dugaan saya segera beralih kepada Hardware, khususnya keyboard Notebook.


Saya lepas tombol "Delete" pada keyboard, saya bersihkan dan kemudian saya pasang kembali. Hasilnya kotak konfirmasi delete itu hilang. Sampai disini masalah saya anggap selesai. Namun setelah beberapa jam Notebook saya matikan dan saya nyalakan kembali, kotak konfirmasi delete itu kembali muncul.

Tak habis pikir, saya coba searching di internet mengenai masalah ini dan menemukan solusinya, yaitu dengan cara menekan tombol "Tab" pada keyboard  selama sekitar 15 detik, sesaat setelah komputer menampilkan homescreen. Dengan cara ini kotak konfirmasi delete tak lagi muncul.

Kesimpulan :

Saat kita menemukan kasus dimana konfirmasi delete muncul berulang-ulang atau terus menerus, maka kita bisa mengambil langkah sebagai berikut :

1. Scan komputer
Pastikan komputer tidak terinfeksi virus

2. Angkat dan bersihkan tombol "Delete" pada keyboard
Pastikan tombol "Delete" pada keyboard bersih dan bisa bekerja dengan baik.

3. Gunakan tombol "Tab" pada keyboard
Sebagai solusi terakhir, tekanlah tombol "Tab" pada keyboard selama sekitar 15 menit sesaat setelah komputer menyala dan menampilkan homescreen Windows.

Demikian artikel tentang konfirmasi delete yang muncul berulang-ulang di Windows. Semoga bermanfaat.

Mengatasi Konfirmasi Delete yang Muncul Berulang-ulang di Windows Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nur Makhasin

Silahkan tinggalkan komentar Anda.