9/15/2015

Lebih Penting Mana antara Mencari Backlink dengan Membangun Konten Berkualitas?

Dias Akhmad  |  at  9/15/2015  |   |  No comments

Mungkin masih banyak dari Sahabat blogger yang percaya bahwa backlink dapat meningkatkan posisi blog kita di SERP (Search Engine Result Page). Anggapan demikian tidak sepenuhnya benar, kenapa? karena tidak semua backlink itu baik untuk blog kita. Tepatnya ada backlink yang baik dan backlink yang buruk. Keduanya memberi pengaruh kepada blog kita meski  hanya sedikit saja.

Backlink adalah link aktif blog kita yang ada atau tertanam pada blog atau situs lain. Jika backlink itu ada di sebuah website atau blog dengan traffic tinggi dan reputasi yang baik, maka akan sangat mungkin ada dari pengunjung website atau blog tersebut yang akan mengklik link blog kita dan melihat atau membaca konten blog kita. Inilah backlink yang baik.


Untuk mendapatkan backlink dari sebuah website atau blog besar yang memilki traffic tinggi, tidaklah dengan cara berkomentar pada salah satu artikel blog tersebut dan menyisipkan link aktif. Cara ini merupakan salah satu cara yang tidak disukai banyak blogger, sehingga kemudian mereka memasang kode tertentu pada template blognya untuk menghapus link hidup atau active link yang disisipkan seseorang saat berkomentar. Jadi, menyisipkan link aktif saat berkomentar di sebuah blog besar adalah usaha yang sia-sia sekaligus memberikan citra buruk sosok kita sebagai seorang blogger.

Jika kita ingin mendapatkan backlink dari blog besar ber-traffic tinggi, salah satu cara yang saya sarankan adalah dengan membangun hubungan baik dengan pemilik blog tersebut. Selain itu, kita juga harus menjaga kualitas konten blog kita. Menempatkan link blog orang lain pada blog miliknya, berarti blogger tersebut merekomendasikan pengunjung blognya untuk mengunjungi blog kita. Dan jika blog kita  tidak memiliki kualitas konten yang baik, maka siapakah yang mau dengan suka rela merekomendasikan orang untuk mengunjungi blog kita?, bisa jadi sang blogger malah akan menghapus link blog kita pada blognya.

Sebenarnya backlink yang baik datang secara natural, alami atau dengan sendirinya. Dalam hal ini backlink muncul karena orang yang membaca konten atau artikel-artikel di blog kita tertarik dan secara sukarela memberikan link ke halaman blog kita. Misalnya konten kita sangat menarik sehingga menginspirasi orang yang membacanya untuk menulis topik serupa dan memberikan backlink kepada kita sebagai referensi artikelnya.

Anda juga bisa membaca artikel : Ngeblog adalah Soal Menulis, Bukan Soal SEO

Kesimpulannya, menurut hemat saya, membangun konten blog berkualitas adalah jauh lebih penting dari mencari backlink. Dimana backlink yang baik akan muncul dengan sendirinya jika konten yang kita sajikan pada blog kita berkualitas sehingga disukai banyak orang. Semoga bermanfaat.

Lebih Penting Mana antara Mencari Backlink dengan Membangun Konten Berkualitas? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nur Makhasin

Silahkan tinggalkan komentar Anda.