9/05/2015

Cara Mengatasi Rasa Malas Ngeblog dan Menulis Artikel

Dias Akhmad  |  at  9/05/2015  |   |  2 comments

Malas untuk ngeblog adalah hal yang sering dialami oleh para blogger termasuk saya sendiri. Jika rasa malas itu datang, maka pikiran kita seolah buntu untuk mendapatkan sebuah ide atau tema artikel. Terkadang sudah menyalakan komputer dan menghubungkannnya ke internet, tapi malah bingung mau ngapain. Hanya melihat-lihat pageview blog atau mengecek berapa jumlah earning :) 


Rasa malas adalah kontradiksi dari sikap produktif. Seorang blogger bisa dikatakan produktif saat ia selalu aktif menulis artikel atau meng-update blog yang dikelolanya. Masalahnya, rasa malas bisa datang kapan saja, entah karena kita kecapekan, sedang ada masalah, kurang tidur dan lain-lain. Lalu bagaimana cara mengatasi rasa malas ngeblog dan menulis artikel ini?

Hal pertama yang saya lakukan saat rasa malas ini mendekat adalah dengan istirahat beberapa jam. Biasanya 30 menit untuk tiduran sudah cukup untuk saya. Saya membiarkan tubuh saya rileks dengan bersantai dan memejamkan mata selama 30 menit itu. Setelah itu saya memaksa diri saya untuk bangun dan menyatakan siap untuk menulis artikel lagi.

Bagaimana jika tidak menemukan ide untuk bahan postingan?

Saat saya tidak menemukan ide untuk bahan artikel atau postingan, saya biasa melakukan ini :

1. Mengenang masa-masa kecil dan masa yang telah saya lewati
Berapa banyak pelajaran hidup yang telah saya alami? tentu sangat banyak. Dari sinilah saya kemudian menemukan ide untuk membuat sebuah artikel.

2. Membaca buku, koran atau bahan bacaan lainnya
Dari mulai novel, buku sejarah, koran dan majalah bisa saya baca untuk menemukan satu ide postingan. Dari sumber bacaan inilah saya juga bisa menemukan sebuah ide atau gagasan untuk menulis artikel mengenai apa saja. Memang butuh cukup waktu untuk hal ini karena membaca tidak bisa sebentar. Namun dengan cara inilah kita bisa menghargai hasil kerja keras kita nantinya.

3. Menggali apa yang saya rasakan
Seperti artikel ini yang saya beri judul cara mengatasi rasa malas ngeblog dan menulis artikel, sebenarnya berdasarkan dari apa yang saya rasakan. Dari apa yang saya rasakan, kemudian saya bisa membuat sebuah artikel yang sedang Anda baca ini.

4. Penghasilan dari ngeblog akan bertambah hanya jika kita produktif
Hal inilah yang selalu saya ingat. Seberapa besar blog kita, jika kita malas upate, maka akan kalah bersaing dengan blog-blog lain yang rajin di-update oleh pemiliknya. Selain itu, earning atau penghasilan dari blog kita akan turun jika kita malas untuk update. Bukankah menulis artikel itu adalah sebuah investasi? jika kita telah menyadarinya, maka kenapa kita harus malas berinvestasi dengan cara rajin membuat artikel di blog kita?

Anda juga bisa membaca artikel : Blogger dan 1000 % Tekad untuk Terus Menulis Artikel 

Demikian artikel tentang cara mengatasi rasa malas ngeblog dan menulis artikel. Semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Rasa Malas Ngeblog dan Menulis Artikel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nur Makhasin

2 komentar

terkadang rasa malas memang selalu datang, apa lagi kalo sudah punya banyak blog, ruwet deh mau ngurusnya, menulis artikel di blog bisa dirasakan mudah, tapi untuk mencari ide menulisnya yang susah. terimakasih gan telah membuat artikel ini, jadi saya bisa mendapatkan ide untuk menulis di blog lagi.

Sama-sama. Semoga kita makin semangat menulis artikel ya, biar earning juga terus bertambah :)

Silahkan tinggalkan komentar Anda.