September 01, 2015

6 Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Membuat Password atau Kata Sandi yang Baik dan Aman

Dias Akhmad  |  at  September 01, 2015  |   |  No comments
coinpayu

Sebuah password atau kata sandi yang kita gunakan untuk login ke dalam sebuah komputer atau akun tertentu, adalah ibarat sebuah kunci yang dapat membuka pintu akses ke komputer dan akun kita di internet. Untuk itu kita harus memiliki sebuah password atau kata sandi yang kuat, baik dan aman. Lalu bagaimana cara membuat sebuah password atau kata sandi yang kuat, baik dan aman? 


Ada beberpa hal yang harus diperhatikan dalam membuat password atau kata sandi yang baik dan aman. Berikut adalah 6 hal yang perlu diperhatikan untuk membuat sebuah password atau kata sandi yang baik dan aman :

1. Jangan pernah tuliskan password login Anda dalam sebuah kertas atau buku
Buku yang Anda miliki, suatu hari berpotensi hilang dan ditemukan orang. Jika Anda menuliskan username dan password login di buku tersebut, besar kemungkinan orang lain akan mencoba menggunakan username dan password login itu untuk masuk ke akun Anda dengan berbagai tujuan. Jika Anda merasa pernah menuliskan username dan password login Anda di sebuah buku dan buku tersebut telah hilang, maka segeralah ganti password Anda sebelum terlambat. Tempat paling aman untuk menyimpan password adalah di kepala kita.

2. Jangan menggunakan email yang sama dan password yang sama untuk banyak akun
Gunakan email dan password yang berbeda untuk setiap akun. Jika Anda mempunyai akun di Facebook, Twitter, Instagram, Photobucket atau lainnya, maka usahakan semua email dan password loginnya berbeda-beda. Ini dimaksudkan jika suatu saat akun Anda diretas, maka akun Anda yang lain masih tetap aman.

3. Ubah password secara berkala
Minimal 3 bulan sekali, sebaiknya Anda memperbaharui password Anda untuk semua akun yang Anda miliki.

4. Gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol
Contoh : pelangiluruS@1986. Kenapa pelangi lurus? karena semua bentuk pelangi tidak ada yang lurus. Jadi tidak akan ada orang yang menebaknya. 

5. Jangan gunakan username atau nama Anda dalam password Anda
Contoh kurang baik di masa lalu adalah banyaknya website atau komputer yang menggunakan password yang sama persis dengan username nya. Contoh : usernamenya "admin" dan passwordnya "admin".

6. Gunakan penggabungan dua kata atau lebih
Dalam contoh password : pelangiluruS@1986 adalah sebuah password yang terdiri dari gabungan dua kata yaitu pelangi dan lurus. Jika kita menggunakan password yang hanya menggunakan satu kata saja, maka sebuah tool atau aplikasi penemu password (password finder) dapat menggunakan sistem dictionary attack dengan mudah.

Demikian 6 hal yang harus Anda perhatikan untuk membuat password atau kata sandi yang baik dan aman. Semoga bermanfaat.

6 Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Membuat Password atau Kata Sandi yang Baik dan Aman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aneka Pendidikan

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon