7/23/2015

Perlukah Kita Merubah Tampilan Blog Kita Secara Periodik?

Dias Akhmad  |  at  7/23/2015  |   |  No comments

Sebuah blog yang sudah memiliki pengunjung tetap atau returning visitor tentu akan memikirkan bagaimana agar pengunjung setia blognya tidak merasa bosan, baik terhadap isi atau content blog dan juga tampilan blognya. Seperti misalnya bagi Anda yang suka mengunjungi website Yahoo, sudah berapa kali Anda mendapati tampilan website Yahoo berubah?, hal ini tentu berdasarkan pertimbangan agar pembaca atau pengunjung website tidak bosan dengan tampilan situs yang seperti itu itu saja.

Merubah tampilan blog tidak harus dengan mengganti template. Kita bisa saja merubah layout blog kita dengan template yang sama. Misalnya kita merubah posisi sidebar yang selama ini berada di sebelah kanan menjadi di sebelah kiri. Merubah posisi menu navigasi, merubah warna background dan lain sebagainya.


Bagaimana jika kita terpaksa mengganti template blog untuk merubah tampilan blog kita?

Saat kita harus mengganti template blog, ada hal yang sangat perlu kita pertimbangkan, yaitu mengenai perayapan oleh mesin pencari seperti Google akan terganggu. Penggantian template mengakibatkan mesin pencari kembali mengenali struktur blog dari awal sehingga membuat mesin pencari lambat meng-indeks content blog.

Seberapa sering kita harus merubah tampilan blog?

Menurut hemat saya, waktu yang baik untuk merubah tampilan blog kita adalah setiap 6 bulan sekali. Dalam masa 6 bulan, biasanya seorang user yang selalu berkunjung ke blog kita akan mulai merasa bosan dengan tampilan blog kita. Sebaliknya jika kita terlalu sering mengganti tampilan blog kita, maka bisa jadi pengunjung blog akan merasa tidak nyaman dan kita sendiri akan kehilangan banyak waktu untuk menulis artikel karena terlalu sering disibukkan dengan aktivitas merubah tampilan blog.

Jadi perlukah kita merubah tampilan blog kita secara periodik?

Jawabannya adalah sangat perlu. Sekali lagi hal ini bertujuan agar pengunjung blog kita tidak menjadi bosan dengan tampilan blog kita. Kita bisa membuat jadwal kapan blog kita akan kita rubah tampilannya secara periodik yang menurut hemat saya, bisa dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Menurunkan Presentase Bounce Rate Sebuah Blog

Isi atau content blog berupa artikel original dan berkualitas adalah hal yang utama dalam blogging, namun demikian tampilan blog juga harus kita perhatikan. Percaya atau tidak, saat kita puas dengan tampilan blog kita, kita bisa menjadi lebih semangat dalam menulis artikel. Semoga bermanfaat.

Perlukah Kita Merubah Tampilan Blog Kita Secara Periodik? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nur Makhasin

Silahkan tinggalkan komentar Anda.