February 09, 2019

Apa itu Chatbot dan Teknologi yang Dipakai Chatbot?

Dias Akhmad  |  at  February 09, 2019  |  , ,  |  No comments
coinpayu

Chatbot adalah robot yang dibuat dengan tujuan melayani kebutuhan interaksi komunikasi antara manusia dengan robot. Salah satu Chatbot yang paling akrab dengan kita saat ini adalah Google Assistant.

Teknologi Chatbot

Chatbot dibangun dengan teknologi AI (Artificial Inteligence / Kecerdasan Buatan) yang mulai dikembangkan sekitar tahun 1960. AI merupakan salah satu cabang ilmu komputer yang digunakan untuk menangani masalah-masalah kecerdasan seperti layaknya manusia, misalnya berbicara, kreatifitas, menerjemahkan sesuatu dan mengenali benda.

AI berkembang sebagaimana layaknya manusia belajar. Mengenali, membangun, tumbuh, menemukan kesalahan dan memperbaikinya dan begitu seterusnya.


Selain AI, teknologi yang digunakan oleh Chatbot adalah NLP (Natural Language Processing) yang berfungsi untuk memahami percakapan yang terjadi setelah menerima input (pertanyaan, masukan atau perintah) dari manusia.

NLP secara sederhana mampu memahami setiap kalimat yang dikirimkan oleh manusia dan kemudian mengirimkan kalimat yang bisa dipahami manusia sebagai respon atau jawaban.

Teknologi berikutnya yang dipakai oleh Chatbot adalah ML (Machine Learning) yang memungkinkan mesin robot dapat belajar dan memecahkan sendiri permasalahan yang ditemui. Hal ini dilakukan dengan cara mempelajari data-data yang ada. Teknologi memprogram mesin robot untuk belajar dan memberikan respon yang diperlukan.

Teknologi terakhir yang digunakan oleh Chatbot adalah DL (Deep Learning) yang merupakan bagian yang lebih dalam dari Machine Learning. Dengan Algoritma yang lebih kompleks, mesin dapat belajar dan berinovasi lebih jauh lagi sehingga mendekati perilaku manusia.

Penggunaan Chatbot

Chatbot banyak digunakan dalam dunia industri terutama untuk menggantikan Customer Service. Chatbot dapat bekerja tanpa dibatasi oleh jam kerja serta lebih efisien dalam hal biaya. Dua hal inilah yang menyebabkan Chatbot semakin banyak digunakan.

Chatbot seperti Google Assistant bahkan bisa diajak bercanda layaknya teman. Ini membuat pengalaman baru yang unik di mana manusia banyak melakukan pembicaraan dengan robot.

Demikian artikel tentang apa itu Chatbot dan teknologi yang dipakai Chatbot. Semoga bermanfaat.

Apa itu Chatbot dan Teknologi yang Dipakai Chatbot? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: DiyaRF

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon