March 20, 2017

Beli Laptop atau Notebook, Pilih Mana?

Dias Akhmad  |  at  March 20, 2017  |   |  No comments
coinpayu

Jika saat ini Anda sedang bimbang apakah akan membeli laptop atau membeli notebook, maka artikel ini mungkin bisa membantu Anda dengan menjelaskan beberapa kelebihan dan kelemahan masing-masing gadget tersebut. 

Kelebihan laptop dibandingkan notebook

Berikut adalah beberapa kelebihan laptop :

1. Ukuran layar lebih lebar
Dengan ukuran layar yang lebar kita bisa lebih mudah dan  nyaman saat membaca atau mengerjakan sesuatu di komputer, 


2. Dilengkapi dengan DVD/CD Room
Dengan adanya DVD/CD Room pada laptop, kita bisa memutar film atau musik dari DVD atau CD secara langsung. Adanya DVD/CD Room juga sangat memudahkan kita saat harus melakukan install sistem operasi seperti Windows.

Pada notebook, kita tidak akan menemukan adanya DVD?CD Room, sehingga kita harus menggunakan flashdisk yang telah di setting khusus atau menggunakan perangkat tambahan berupa CD Room external untuk menginstall Windows.

3. Kapasitas penyimpanan data lebih besar
Umumnya laptop memiliki kapasitas penyimpanan data yang lebih besar daripada kapasitas penyimpanan data pada notebook. Dengan demikian kita bisa menyimpan banyak data dalam satu laptop dan menginstall banyak aplikasi.

4. Lebih mantap untuk main game
Saat ini banyak laptop yang diproduksi secara khusus untuk digunakan bermain game.

5. Bisa digadaikan di Pegadaian
Jika suatu saat Anda membutuhkan uang, Anda bisa menggadaikan laptop Anda ke Pegadaian tanpa harus menjualnya. Sementara jika yang Anda miliki adalah sebuah notebook, Pegadaian tidak menerimanya.

Kelebihan notebook dibandingkan laptop

Setelah kita bicara tentang beberapa kelebihan laptop, sekarang kita akan membahas mengenai apa saja kelebihan notebook. Berikut diantaranya :

1. Lebih mudah dan praktis dibawa
Bentuknya yang lebih kecil dari laptop membuat notebook menjadi pilihan bagi pengguna yang memiliki mobilitas pekerjaan yang tinggi. Selain lebih kecil ukurannya, notebook juga relatif lebih ringan dari laptop.

2. Relatif lebih murah
Jika Anda memiliki budget yang relatif kecil, maka membeli notebook bisa menjadi pilihan. Dengan fungsi yang sama, Anda bisa membelinya dengan harga yang relatif lebih murah.

Membeli notebook bisa menjadi pilihan yang cocok bagi pelajar atau karyawan yang memiliki mobilitas pekerjaan yang tinggi, sementara laptop sangat cocok untuk digunakan oleh para professional di bidang komputer, misalnya IT, Blogger dan lainnya.

Catatan tambahan : hal penting yang perlu kita pertimbangkan saat membeli laptop maupun notebook adalah fitur-fitur yang tersedia, misalnya apakah support Wifi, Bluetooth dan lainnya.

Demikian artikel tentang beli laptop atau notebook, pilih yang mana?. Semoga bermanfaat.

Beli Laptop atau Notebook, Pilih Mana? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aneka Pendidikan

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon