November 02, 2016

5 Faktor yang Membuat Seseorang Kecanduan Game Online

Dias Akhmad  |  at  November 02, 2016  |   |  No comments
coinpayu

Saat ini game online sudah menjadi primadona anak-anak usia sekolah hingga orang dewasa. Setiap warnet penuh sesak dengan anak-anak yang mengantri untuk bermain game online. Seperti candu, game online membuat orang menjadi ketagihan, ingin terus dan terus bermain game. Lalu apa sebenarnya faktor yang membuat seseorang menjadi kecanduan game online?.


Berikut adalah 5 faktor yang membuat seseorang kecanduan game online :

1. Obsesi atau keinginan melampaui skor tertinggi
Pada game yang dimainkan, selalu ada board yang memuat skor tertinggi yang pernah dicapai oleh orang lain dan skor pencapaian gamer (pemain game) saat ini. Sang gamer kemudian merasa tertantang untuk dapat malampaui skor tertinggi tersebut dan menjadi yang nomor satu. Akibatnya, ia ingin terus bermain dan bermain karena didorong oleh obsesinya.

2. Penyesuaian karakter dan ikatan emosi
Banyak game online yang memberikan penyesuaian karakter. Gamer dapat menciptakan karakter yang paling sesuai dengan kepribadiannya dan memilih jenis tantangan serta medan yang disukai. Dengan cara seperti ini, ikatan emosi terbentuk antara gamer dengan karakter yang diciptakannya di dalam game. Hal ini membuat gamer tak mau berhenti bermain game.


3. Mendapatkan pengakuan dari gamer lain
Saat seorang gamer telah berhasil mencapai skor tertinggi, gamer tersebut pasti akan dielu-elukan oleh para gamer lainnya di internet. Ia juga akan mendapat banyak follower di media sosial. Caranya bermain game akan jadi acuan banyak orang. Keinginan untuk diakui dan menjadi terkenal sebagai gamer hebat akan membuatnya tak mau berhenti bermain game.

4. Tempat pelarian
Ada juga orang merasa bahwa ia tak diterima oleh lingkungannya, ia disisihkan dalam pergaulan dan tidak memiliki kepercayaan diri. Orang ini akan menjadi gamer yang hebat dan semakin jauh dari dunia yang sebenarnya. Ia lebih merasa bahagia dengan dunia virtual dan game online. Ia akan terus-menerus bermain dan kecanduan game online. 

5. Tak ada "game over"
Tak ada game over dalam game online. Setiap kali gamer berhasil menyelesaikan sebuah tantangan, maka akan muncul tantangan lainnya. Sang gamer pun tak mau berhenti dan ingin terus bemain.

Demikian artikel tentang 5 faktor yang membuat seseorang kecanduan game online. Semoga bermanfaat.

5 Faktor yang Membuat Seseorang Kecanduan Game Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aneka Pendidikan

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon