September 15, 2016

Tips Sehat Menggunakan Komputer Dalam Waktu Lama

Dias Akhmad  |  at  September 15, 2016  |   |  No comments
coinpayu

Komputer adalah sesuatu yang sudah lekat dengan kehidupan kita sehari-hari, baik yang berprofesi sebagai pegawai kantoran, guru, mahasiswa, blogger, designer grafis dan lainnya. Semuanya bekerja dengan komputer karena dapat memberikan efisiensi waktu yang sangat tinggi dalam menunjang pekerjaan mereka. Tak heran jika seseorang dapat menghabiskan waktu berjam-jam lamanya di depan komputer, dan hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehatannya.


Tip sehat menggunakan komputer dalam waktu lama

Berikut adalah beberapa hal yang harus kita perhatikan saat menggunakan komputer, sehingga kita tetap sehat meski kita harus duduk di depan komputer selama berjam-jam :

1. Jaga kebersihan, kerapian dan ketenangan ruangan
Ruangan yang bersih, rapi dan dengan suasana yang tenang akan membuat kita bisa bekerja di depan komputer dengan nyaman. Jika ruangan kerja Anda bersih, rapi dan tenang, maka secara otomatis Anda juga lebih tenang dan rileks dalam melakukan pekerjaan di depan komputer.

2. Perhatian posisi duduk Anda di depan komputer
Posisi duduk yang tidak tepat dapat menyebabkan rasa pegal yang sangat, terutama pada punggung dan pinggang Anda. Posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer adalah dengan menegakkan punggung sehingga kepala dan leher sejajar dengan tubuh, bukan membungkuk atau miring.

3. Perhatikan posisi layar atau monitor komputer
Posisi Monitor sebaiknya diletakkan sejajar dengan mata sehingga memudahkan Anda untuk berhadapan secara langsung dengan monitor komputer, hindari melihat layar dengan posisi kepala miring atau yang mengharuskan Anda untuk memutar posisi duduk. 

Di bawah ini adalah beberapa tips agar posisi monitor tetap nyaman saat digunakan :
  • Atur posisi monitor sehingga jarak mata Anda dengan monitor berkisar 45 hingga 70 centimeter, jangan terlalu dekat atau terlalu jauh.
  • Atur tinggi monitor hingga berada sedikit di bawah mata Anda, monitor yang terlalu tinggi atau terlalu rendah akan menyebabkan nyeri pada leher dan punggung.
  • Selalu bersihkan monitor Anda agar tetap bersih dari debu atau kotoran lainnya yang menempel pada monitor komputer.
4. Posisikan Mouse dan Keybord agar mudah dijangkau

Menempatkan Mouse dan Keybord di tempat yang susah dijangkau akan membuat Anda susah dan cepat lelah, apalagi jika Anda harus mengetik dokumen yang begitu banyak, ini akan memperlambat pekerjaan Anda. Agar proses mengetik menjadi lebih nyaman, silahkan lakukan beberapa tips berikut ini :
  • Posisikan Mouse dan Keyboard tidak jauh dari tangan Anda sehingga mudah dijangkau dan lengan Anda dapat lebih rileks.
  • Posisikan keyboard  lurus dengan kedua lengan atau tangan Anda. Akan sangat baik jika Anda menggunaan rak Keyboard yang bisa diatur ketinggiannya, sehingga dapat disesuaikan posisinya dengan tangan Anda.
  • Posisikan Keyboard agar lebih rendah sedikit dari tinggi meja, jika tidak cukup rendah maka cobalah untuk menaikkan ketinggian kursi yang Anda gunakan, tetapi jangan sampai kaki Anda tergantung yang dapat menyebabkan paha dan betis Anda menjadi pegal, jika memungkinkan Anda bisa menggunakan sandaran kaki.
5. Lakukan jeda atau istirahat secara berkala
Beristirahatlah secara berkala saat Anda harus berada di depan komputer dalam waktu lama. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat jeda di depan komputer :
  • Regangkan jemari-jemari Anda. Lakukan serileks mungkin.
  • Regangkan leher dengan menariknya ke arah dada anda secara perlahan.
  • Gerakkan kepala ke arah kiri dan kanan secara perlahan, jika sudah selesai lanjutkan dengan menggeraknya ke arah atas dan bawah.
  • Istirahatkan mata secara periodik dengan tidak menatap layar atau monitor komputer selama beberapa menit. Bisa juga dengan keluar sebentar dari ruang komputer Anda, lalu memandang tanaman atau pepohonan yang berwarna hijau.

Demikian artikel tentang tips sehat menggunakan komputer dalam waktu lama. Semoga bermanfaat.

Tips Sehat Menggunakan Komputer Dalam Waktu Lama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aneka Pendidikan

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon