1/01/2016

Laptop atau Netbook Mati Juga Bisa Dijual

Dias Akhmad  |  at  1/01/2016  |  ,  |  No comments

Bagi pembaca yang punya laptop atau netbook mati (padam atau rusak), dan malas untuk memperbaikinya ke tukang service komputer dan laptop, Anda bisa menjual laptop mati tersebut dengan harga yang lumayan. Hal ini saya alami sendiri hari ini. Saya berhasil menjual sebuah laptop mati seharga 400 ribu rupiah. 

Sebuah netbook merk Asus Eee PC Seashell 10 Inch milik istri saya mengalami gagal booting dengan menampilkan bunyi bip berulang-ulang. Saya kemudian mencoba melakukan booting dari sebuah flashdisk bootable yang berisi Linux Ubuntu, dan ternyata bisa masuk ke sistem operasi Ubuntu dengan sangat baik. Hal ini sudah cukup menandakan bahwa netbook milik istri saya tersebut mengalami kerusakan pada Hardisk .

Karena pentingnya data-data yang tersimpan dalam hardisk tersebut, saya mencoba membuka netbook tersebut untuk mendapatkan hardisknya. Rencananya saya akan mengambil data dari hardisk dengan menggunakan perangkat Usb to Sata. Namun setelah saya berhasil mengambil hardisk dan menyambungkannya ke Usb to Sata, hardisk tersebut telah benar-benar rusak dan tak ada data yang bisa diselamatkan.


Akhirnya, netbook tersebut kami diamkan begitu saja entah berapa lama. Mungkin sekitar 8 atau 9 bulan. Sampai kemudian istri saya mempunyai ide untuk menjual notebook tersebut di sebuah situs jual beli online, dan ternyata kami menerima sampai dengan 7 orang yang menghubungi kami via sms, bbm dan whatsapp. Mereka menyatakan tertarik untuk membelinya.

Kami melakukan tawar-menawar harga, dan sampailah pada salah satu calon pembeli yang meminta bertemu langsung dengan kami untuk melihat kondisi netbook yang ingin kami jual. Singkat cerita, kami kemudian bertemu dan sang pembeli tersebut menyanggupi membeli netbook mati milik kami seharga 400 ribu rupiah.

Kenapa ada orang yang tertarik membeli laptop atau notebook mati?, jawabannya adalah karena mereka menginginkan bagian-bagian penting dari laptop atau netbook yang masih berfungsi dengan baik. Seperti dalam kasus netbook Asus yang kami jual, meskipun hardisknya rusak, tapi masih ada mainboard, monitor, keyboard dan lainnya yang semuanya masih berfungsi dengan baik.

Laptop dan notebook mati terutama dicari oleh banyak teknisi atau tukang service laptop dan netbook yang mencari bagian-bagian tertentu yang masih berfungsi dengan baik dari sebuah laptop atau netbook yang dinyatakan rusak atau mati total oleh pemiliknya.

Nah, bagi pembaca yang memiliki laptop atau netbook yang rusak atau mati total, mungkin bisa juga untuk memanfaatkannya dengan menjualnya di situs jual beli online yang kini marak di Indonesia, misalnya OLX, Jualo, Bukalapak dan lainnya. Daripada didiamkan begitu saja di sudut ruangan, lebih baik dijual dan menghasilkan uang bukan?.

Demikian artikel tentang laptop atau netbook mati juga bisa dijual. Semoga bermanfaat.

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Memasang Password Login Pada Komputer PC dan Laptop

Laptop atau Netbook Mati Juga Bisa Dijual Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nur Makhasin

Silahkan tinggalkan komentar Anda.