January 13, 2016

Cara Pasif Mengatasi Modem Smartfren Connex EC176-2 yang Hilang Sinyal

Dias Akhmad  |  at  January 13, 2016  |  ,  |  No comments
coinpayu

Entah kenapa, seringkali tanpa sebab yang jelas, modem Smartfren Connex EC176-2 milik saya mengalami hilang sinyal. Baik 1X maupun EVDO sama-sama tak ada sinyal sedikitpun. Saat coba dikoneksikan, modem akan meminta redial. Hal ini sudah terjadi beberapa kali hingga membuat saya sempat kesal dan bingung. Saya telah mencoba berbagai cara yang saya temukan di internet untuk mengatasi modem Smartfren yang hilang sinyal, namun satupun belum ada yang berhasil.

Saya lalu berpikir apa mungkin karena pulsa kuota internet saya habis sehingga kemudian Smartfren secara otomatis tak bisa menangkap sinyal. Saya kemudian membeli pulsa Smartfren di Indomaret dekat rumah dengan nominal pulsa 50 ribu. Namun ada yang aneh, SMS pemberitahuan yang biasanya muncul saat kita melakukan pengisian pulsa tak ada di aplikasi Smartfren. Plus sinyal tetap tidak ada. 

Saya mencoba melakukan cek pulsa di aplikasi Smartfren dengan cara mengirim SMS, tapi ternyata tombol "send" tidak aktif, ya tentu saja tidak aktif karena modem Smartfren Connex milik saya ini tak dapat menangkap sinyal sedikitpun. Begitu juga dengan cara menelfon ke *999, tak ada hasil.

Berdasarkan teori di internet yang saya temukan, masalah hilang sinyal pada modem Smartfren bisa diatasi dengan cara menginstall ulang (Uninstall) aplikasi smartfren dalam kondisi modem tertancap, lalu restart komputer dan cabut modem, setelah komputer kembali hidup, kita colokkan kembali modem dan lakukan install ulang. Cara tersebut sudah saya coba sampai beberapa kali, namun hasilnya  tetap sama; belum ada sinyal sedikitpun.


Karena letih dan kesal, saya putuskan untuk pergi tidur. Saat tengah malam, saya terbangun dan langsung teringat dengan modem Smartfren saya dan laptop yang masih dalam keadaan hidup. Saya pun beranjak dari tempat tidur dan kembali ke depan laptop, ternyata modem Smartfren Connex EC176-2 milik saya telah kembali mendapat sinyal penuh. Segala puji bagi Tuhan.

Esoknya, modem Smartfren kembali bisa digunakan seperti biasa, dan ini berlangsung sampai beberapa hari, hingga hal yang membuat saya bingung ini terulang kembali. Secara tiba-tiba, modem Smartfren Connex saya kembali hilang sinyal. Karena pada saat kemarin, saya bisa mengatasinya dengan cara melakukan isi ulang pulsa dan secara pasif mendiamkannya hingga sinyal muncul dengan sendirinya, maka saya kembali berpikir apa mungkin pulsa kuato internet saya sudah habis lagi. Terlalu cepat rasanya. Tapi saya tak mau ambil pusing, saya kembali membeli pulsa di Indomaret dekat rumah senilai 50 ribu.

Setiba di rumah, saya nyalakan laptop dan colokkan modem Smartfren, aplikasi terbuka dan kembali terjadi keanehan, tak ada pemberitahuan via SMS yang masuk ke aplikasi seperti biasanya. Saya kemudian tunggu hingga kurang lebih 3 jam, tapi sinyal tak kunjung ada. Saya pun kemudian memutuskan untuk mematikan laptop dan pergi tidur.

Esok harinya saya kembali mengecek apakah modem sudah mendapat sinyal dan pulsa sudah masuk, tetapi ternyata masih sama. Belum ada sinyal yang tertangkap dan tak ada pemberitahuan pulsa masuk. Berpikir bahwa jangan-jangan pulsa smartfren yang saya isi memang belum masuk, saya kemudian berinisiatif membeli pulsa smartfren senilai 25 ribu via SMS Banking. Transaksi sukses, namun ternyata sama; tak ada SMS masuk yang memberitahukan ada penambahan pulsa atau kuota internet di aplikasi Smartfren Connex.

Tak putus asa, saya kemudian coba menghubungi gerai Smartfren di kota Medan via telfon. Segala puji bagi Tuhan, staff Smartfren di ujung telfon merespon dengan sangat baik. Staff tersebut menyampaikan bahwa pulsa kuota internet saya masih cukup banyak, yaitu 4 GB lebih dan detail transaksi pembelian pulsa yang saya lakukan juga persis sama dengan data mereka. Saya kemudian menyampaikan kepada staff tersebut bahwa modem saya tak bisa menangkap sinyal sedikit pun. Sang staff mengatakan kepada saya akan melakukan cek ke wilayah di mana saya tinggal untuk memastikan apakah ada gangguan sinyal di sekitar domisili saya. 

Malam harinya, saya kembali mengecek apakah sinyal di modem Smartfren saya telah normal. Tapi ternyata masih sama, saya kemudian tertidur hingga beberapa jam. Menjelang pagi, saya terbangun dan langsung mengecek apakah sudah ada sinyal yang tertangkap di modem Smarfren, dan segala puji bagi Tuhan, sinyal sudah dapat ditangkap dengan baik dan bisa browsing di internet dengan lancar.

Hingga beberapa hari kemudian, hal yang sama terulang kembali. Modem Smartfren Connex saya kembali tidak mendapatkan sinyal sama sekali. Sinyal nya menghilang entah kemana. Tapi kali ini saya sudah tau cara mengatasinya, yaitu dengan mendiamkannya dalam kondisi aplikasi Smartfren Connex terbuka atau aktif hingga beberapa jam sampai sinyal secara misterius kembali muncul. Dan benar seperti dugaan saya, setelah saya tinggal tidur di malam hari dan bagun di jam 3 pagi, sinyal di modem Smartfren Connex EC176-2 kembali muncul dan saya bisa browsing dengan lancar. Bagitu juga siang harinya, tak ada masalah. 

Kesimpulan:

Saat terjadi hilang sinyal di modem Smartfren, kita biarkan saja hingga beberapa jam hingga sinyal muncul dengan sendirinya. Inilah yang saya sebut sebagai cara pasif mengatasi modem Smartfren Connex EC176-2 yang hilang sinyal. Ini hanyalah pengalaman pribadi saya yang belum tentu sama dengan kasus hilang sinyal pada modem Smartfren lainnya, namun tak ada salahnya Anda coba bukan?.

Demikian artikel tentang cara pasif mengatasi modem Smartfren Connex EC176-2 yang hilang sinyal. Semoga bermanfaat.

Cara Pasif Mengatasi Modem Smartfren Connex EC176-2 yang Hilang Sinyal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aneka Pendidikan

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon