November 03, 2015

Ngeblog Adalah Soal Menulis, Bukan Soal SEO

Dias Akhmad  |  at  November 03, 2015  |   |  No comments
coinpayu

Artikel ini saya tulis untuk menjadi sedikit pencerahan bagi sahabat blogger yang baru mulai belajar blogging. Saat kita mulai mengenal blogging, maka kita akan aktif mencari informasi seputar blogging dan akhirnya akan bertemu atau membaca tulisan tentang SEO (Search Engine Optimization). Sejak itulah, mungkin beberapa dari sahabat kemudian menjadi sibuk belajar tantang SEO dan mencoba menerapkan SEO.

SEO memang memberikan fungsi nya sendiri dalam blogging, artinya SEO memang memiliki peran dalam meningkatkan traffic blog dengan cara melakukan optimasi pada keywaord dan lain-lain. Namun perlu kita ingat bahwa ngeblog adalah soal menulis, bukan soal SEO.


Begitu banyak blog yang artikel dan halamannya dipenuhi teks SEO sehingga tak lagi nyaman untuk dibaca. Ia lebih mirip kumpulan kata kunci ketimbang sebuah artikel utuh yang dapat cerna saat dibaca. Ada juga sebuah blog yang tampil dengan manis di SERP mesin pencari, namun saat dikunjungi ternyata tak memiliki apa yang pembaca cari. Lalu apa nilainya untuk pembaca atau pengunjung blog jika demikian?, tidakkah itu hanya akan menjadi sebuah lelucon dan membuat pengunjung blog kecewa?.

Sebuah blog akan mendapatkan pembaca setia (returning visitor) saat pembaca menemukan sebuah blog yang memiliki nilai manfaat bagi dirinya, yaitu sebuah blog yang menyajikan informasi yang benar-benar ia butuhkan. Hingga, jika suatu waktu ia daring (online), maka ia tak akan pernah absen untuk berkunjung atau melihat-lihat blog tersebut hanya untuk melihat apakah sudah ada artikel baru atau belum.

Negblog adalah soal menulis, bukan soal SEO. Jadi, alangkah lebih baik jika kita fokus kepada membuat artikel yang bermanfaat secara konsisten, daripada hanya sekedar mengejar kata kunci dan dipusingkan tentang SEO. Bagaimana menurut anda, sahabat blogger semua?. Silahkan tuliskan pendapat anda di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

Ngeblog Adalah Soal Menulis, Bukan Soal SEO Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aneka Pendidikan

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon