September 26, 2015

Kelebihan Blog Sebagai Tempat Promosi

Dias Akhmad  |  at  September 26, 2015  |   |  No comments
coinpayu

Saat ini bisnis jual barang secara online semakin marak. Banyak pemilik produk yang menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya untuk mempromosikan produk jualan mereka. Namun menggunakan media sosial bukannya tanpa hambatan. 

Salah satu hambatan dalam melakukan promosi jualan via media sosial adalah setiap postingan promosi yang kita tulis akan dengan mudah tenggelam seiring tingginya aktivitas dari para anggota di group media sosial tersebut. Beberapa detik sekali ada postingan baru dari sesama anggota group sehingga mungkin postingan kita hanya akan bertahan 5 menit atau kurang untuk dilihat anggota group.

Meskipun kita berusaha mengangkat kembali postingan promosi jualan kita yang telah tenggelam dengan cara berkomentar di postingan tersebut, tetap saja postingan tersebut akan tenggelam dan habis masa ramainya digantikan dengan postingan anggota lain yang lebih menarik.

Jadi mengapa kita tidak menggunakan sebuah blog sebagai tempat promosi saja? 


Sebuah blog bisa kita jadikan sebagai toko online yang sangat efektif. Sebuah blog yang dikemas dengan apik dan professioanal bahkan akan lebih memberikan tingkat kepercayaan yang tinggi bagi para calon pembeli. Tidak seperti di media sosial, postingan promosi jualan kita akan tetap bisa dilihat oleh semua pengunjung blog. 

Selain itu, penataan atau penempatan foto-foto produk jualan kita pun bisa kita atur dengan rapi sesuai kehendak kita. Jadi produk yang kita jual akan terdisplay dengan menarik.

Untuk memiliki sebuah blog yang baik untuk tempat promosi, kita bisa memulainya dengan langkah berikut :

1. Buatlah sebuah blog di Blogpot atau Wordpress
Jika kita belum memiliki dana yang cukup untuk membeli Wordpress self hosting, maka saya menyarankan untuk membuat blog di Blogspot.com. Selain gratis, membuat blog di Blogspot.com juga mudah.

2. Buatlah tampilan blog yang baik dan menarik
Tampilan blog yang baik mencakup isi (tulisan, foto) yang bagus dan navigasi blog yang memudahkan pengunjung blog melihat-lihat isi postingan promosi kita.

3. Tampilkan informasi kontak Anda
Buatlah sebuah page atau halaman yang berisi informasi kontak anda seperti nomor telfon, nomor handphone, PIN BBM atau email anda agar pengunjung yang tertarik membeli produk anda dapat menghubungi anda sewaktu-waktu.

4. Buat kartu nama
Buatlah kartu nama untuk anda yang berisi nama blog toko online anda dan alamat blog nya. Setiap anda berkenalan dengan seseorang berikanlah kartu nama anda. Tak perlu memilah-milah orang. Setiap orang berpotensi menjadi calon pembeli anda.

5. Berikan discount
Untuk lebih menjaring pembeli, kita juga bisa menggunakan program discount sesuai kemampuan kita tanpa harus merugi. Hitunglah dengan cermat dan lakukanlah strategi discount yang tepat untuk anda.

6. Jaga kepercayaan pembeli.
Jika anda sudah mulai melayani pembelian dari 1 atau 2 orang pembeli, maka layanilah mereka dengan sangat baik. Jangan kecewakan mereka. Jika pembeli anda puas, mereka berpotensi untuk kembali membeli produk anda dan selanjutnya menjadi pelanggan anda. Mereka juga bisa menceritakan pengalaman baik mereka berbelanja di blog toko online anda. Jika terjadi complaint misalnya barang yang mereka terima ternyata dalam keadaan rusak, maka anda harus komitmen untuk menggantinya dengan yang baru.

7. Renovasi tampilan blog Anda secara berkala
Sama seperti kita merawat bangunan toko jualan kita, kita juga harus memperhatikan tampilan blog toko online kita dan merenovasinya secara berkala. Saya sarankan untuk merubah tampilan blog kita minimal 6 bulan sekali. Ini dimaksudkan agar pengunjung blog kita tidak bosan dengan tampilannya.

Demikian artikel tentang kelebihan blog sebagai tempat promosi. Semoga bermanfaat.

Kelebihan Blog Sebagai Tempat Promosi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aneka Pendidikan

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon