March 24, 2017

Anda Mendapat Peringatan Bahwa Android Anda Terinfeksi Virus? Lakukan Ini.

Dias Akhmad  |  at  March 24, 2017  |   |  No comments
coinpayu

Banyak sekali iklan pop up (iklan yang muncul otomatis) saat kita membuka internet di Smartphone, baik Android, iPhone atau Windowsphone. Kehadiran iklan pop up ini kerap mengganggu kita sebagai pengguna Smartphone. Bahkan, ada iklan yang langsung menutup/memenuhi tampilan layar Smartphone kita dan memaksa kita untuk membacanya.

Isi iklan pop up ini bermacam-macam, mulai dari iming-iming mendapatkan hadiah ponsel mahal hingga peringatan bahwa Smartphone kita telah terinfeksi virus, beserta saran agar kita segera menginstall aplikasi yang disebutnya sebagai antivirus.

Berikut beberapa contoh isi iklan pop up tersebut :

"Selamat Anda telah dipilih!" menangkan hadiah pilihan Anda ..... "

"Perhatian..! virus terdeteksi di ponsel Anda. Alamat IP..... "

Bagi pengguna awam, sangat mungkin akan langsung panik dan segera mengikuti arahan yang diberikan., yaitu menginstall aplikasi yang dianjurkan. Bagaimana tidak, siapa yang tak takut Smartphone miliknya rusak karena virus?

Saat aplikasi telah terinstall, maka secara perlahan, pengguna akan merasakan dampaknya. Hal yang paling terasa adalah melambatnya kinerja Smartphone. Ini disebabkan karena aplikasi yang berkedok sebagai antivirus tersebut sesungguhnya adalah aplikasi spam yang justru membawa virus dan trojan. Aplikasi ini dapat digunakan oleh para peretas untuk mendapatkan informasi penting yang tersimpan dalam Smartphone penggunanya.


Jika pengguna Smartphone  tersebut sering melakukan transaksi e Banking, maka sangat besar resiko yang akan terjadi. Bisa-bisa peretas akan mengosongkan seluruh dana yang tersimpan dalam akun Bank miliknya.

Jadi, apa yang harus kita lakukan saat kita mendapat peringatan bahwa Android atau Smartphone kita terinfeksi virus?

Jawabannya adalah : abaikan saja dan tutup/close tab pada browser. Jika masih belum bisa ditutup, maka tutup/close saja browsernya. Jika masih belum bisa, tekan tombol back beberapa saat sampai bisa keluar. Jika masih belum bisa ditutup juga, restart saja Smartphonenya.

Demikian artikel tentang apa yang harus dilakukan saat kita mendapat peringatan bahwa Android atau Smartphone terinfeksi virus. Semoga bermanfaat.

Anda Mendapat Peringatan Bahwa Android Anda Terinfeksi Virus? Lakukan Ini. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aneka Pendidikan

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon