6/10/2016

Apa itu Sistem Online to Offline atau O2O?

Dias Akhmad  |  at  6/10/2016  |   |  No comments

Perkambangan e-commerce atau perusahaan yang menawarkan jual beli secara online, semakin ramai di Indonesia. Persaingan antar e-commerce pun menjadi semakin ketat, sehingga banyak dari mereka yang melakukan terobosan-terobosan baru untuk memikat konsumen. Salah satunya adalah dengan sistem Online to Offline atau O2O.

Apa itu Online to Offline atau O2O?

Online to Offline adalah sebuah sistem transaksi dimana pembeli dapat melihat, memilih dan menentukan produk yang ingin dibelinya secara online di sebuah situs e-commerce, kemudian melakukan pembayaran dan pengambilan barang secara offline di gerai atau cabang perusahaan e-commerce tersebut secara langsung.


Dalam sistem Online to Offline, perusahaan e-commerce tidak melibatkan perusahaan jasa pengiriman barang, sehingga harga produk yang ditawarkan menjadi lebih kompetitif karena tanpa memperhitungkan biaya atau ongkos kirim (ongkir).

Selain itu, pembeli juga dapat melihat dan memeriksa kondisi produk secara langsung sesaat setelah melakukan pembayaran, sehingga jika ditemukan adanya cacat pada produk atau ke-tidak-sesuaian antara foto produk di situs dengan yang sebenarnya, pembeli dapat langsung menukarnya dengan produk serupa atau membatalkan pembeliannya.

Salah satu e-commerce yang menggunakan sistem Online to Offline atau O2O adalah MatahariMall.Com yang merupakan situs e-commerce dari perusahaan ritel besar di Indonesia, yaitu Matahari Departement Store. Online to offline memungkinkan kita untuk memesan produk secara online melalui situs MatahariMall.Com dan melakukan pembayaran serta pengambilan produk di gerai atau cabang Matahari Department Store pilihan kita.

Untuk lebih jelasnya, saya mencoba memberikan deskripsi pembelian produk dengan sistem Online to Offline di MatahariMall.Com sebagai berikut :

1. Silahkan kunjungi situs MatahariMall.Com di alamat www.mataharimall.com
2. Pilih produk yang ingin Anda beli
3. Pilih metode pembayaran Online to Offline (O2O)
4. Pilih lokasi gerai atau cabang Matahari Departement Store dimana Anda ingin melakukan pembayaran dan pengambilan produk
5. Anda akan menerima email konfirmasi dari MatahariMall.Com yang menyatakan bahwa produk yang Anda pesan siap diambil di lokasi gerai atau cabang Matahari Departement Store yang telah Anda pilih
6. Anda datang ke lokasi gerai atau cabang Matahari Departement Store yang Anda pilih 
7. Tunjukkan email konfirmasi pesanan Anda ke petugas Customer Service 
8. Lakukan pembayaran
9. Produk Anda terima

Anda juga bisa membaca artikel : Waspada Pemburu PIN BB di Internet

Demikian artikel tentang apa itu sistem Online to Offline atau O2O?. Semoga bermanfaat.

Apa itu Sistem Online to Offline atau O2O? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Silahkan tinggalkan komentar Anda.