May 24, 2016

Hoax dan Sejarah Kemunculannya Pertama Kali di Internet

Dias Akhmad  |  at  May 24, 2016  |   |  No comments
coinpayu

Hoax adalah pemberitaan palsu atau kebohongan yang ditulis di internet yang biasanya berisi sesuatu yang kontroversial dengan maksud untuk memperoleh keuntungan pribadi (uang, popularitas, kepuasan batin) dan menciptakan kehebohan atau kepanikan orang-orang yang membacanya.


Istilah Hoax digunakan pertama kali oleh kalangan pengguna internet di Amerika Serikat. Hoax sendiri didasarkan pada sebuah judul film "The Hoax", sebuah film drama Amerika yang disutradarai oleh Lasse Hallström, seorang sutradara dan penulis asal Swedia. 

Film The Hoax didasarkan pada buku Biografi Clifford Irving, yang ditulis oleh Irving sendiri bersama Howard Hughes. Saat difilmkan, skenario film tersebut ditulis oleh William Wheeler, sementara Howard diminta sebagai penasihat teknis film.

Namun, Hughes kemudian kecewa karena ia menemukan banyak kejadian yang diuraikan oleh Irving dalam bukunya diubah atau dihilangkan sama sekali di dalam skenario film. Selain itu, alur ceritanya juga melenceng dari yang ada di buku. Karena kecewa, Hughes akhirnya meminta agar namanya dihapus dari credit tittle film.

Sejak saat itu, film The Hoax dianggap sebagai sebuah film yang mengandung banyak kebohongan, sehingga banyak kalangan, termasuk pengguna internet yang kemudian menggunakan istilah Hoax untuk menyebut atau menggambarkan sebuah kebohongan.

Kemunculan pertama kali Hoax di Internet

Hoax pertama kali muncul di internet pada tanggal 1 April 1984, dengan mengabarkan bahwa negara bekas Uni Soviet akan bergabung dalam jaringan Usenet di Amerika Serikat.  Berita bohong itu menyebar di banyak website, juga di forum-forum internet. 

Hoax kemudian makin sering ditemukan di internet, salah satu yang menghebohkan dunia terjadi pada tahun 1994, dimana sebuah kabar menyebar di dunia maya, menyebut bahwa raksasa internet Microsoft telah membeli Gereja Katolik Vatikan.

Demikian artikel tentang Hoax dan sejarah kemunculannya pertama kali di internet. Semoga bermanfaat.

Hoax dan Sejarah Kemunculannya Pertama Kali di Internet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aneka Pendidikan

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon