5/23/2016

Fungsi Simbol @ dan Asal Usul Simbol @ Pada Alamat Email

Dias Akhmad  |  at  5/23/2016  |   |  No comments

Email atau surat elektronik sangat membantu kita dalam berkomunikasi dan mengirimkan file atau data via internet dengan cepat. Dalam setiap alamat email, kita harus menyertakan simbol @ atau "at sign". Apa sebenarnya fungsi dari simbol @ dan seperti apa asal usul penggunaan simbol @ pada sebuah alamat email?.


Fungsi simbol @ pada alamat email

Simbol @ memiliki fungsi penting di internet, yaitu untuk memisahkan nama user atau pengguna dari alamat emailnya. Tanpa penggunaan simbol @, sebuah email yang dikirim tidak akan sampai kepada tujuan atau penerimanya, lebih dari itu, tanpa simbol @, sebuah email akan dikatakan sebagai "invalid" yang berarti catat atau tidak sah.

Tak jauh beda dengan surat-menyurat secara offline yang membutuhkan alamat pengirim dan penerima, komunikasi melalui email juga membutuhkan alamat pengirim dan penerima. Simbol @ yang juga dapat dibaca sebagai "at" yang berarti "di" atau "pada", menunjukkan di alamat mana orang yang kita tuju berada. Jika seorang user memiliki alamat email bayi86@gmail.com, artinya user tersebut beralamat di gmail.com dengan nama bayi86.

Asal usul simbol @ pada alamat email

Gagasan penggunaan simbol @ pada alamat email dicetuskan oleh seorang Ilmuwan Komputer asal Amerika Serikat bernama Ray Tomlinson. Pada saat email baru diciptakan, ia memilih untuk menggunakan simbol @, karena menurutnya simbol itu mudah untuk diingat dan cukup relevan karena bentuknya yang mirip huruf "a " sebagai inisial dari kata address atau alamat. Sejak saat itu, simbol @ terus digunakan pada alamat email hingga saat ini.


Demikian artikel tentang fungsi simbol @ dan asal usul simbol @ pada alamat email. Semoga bermanfaat.

Fungsi Simbol @ dan Asal Usul Simbol @ Pada Alamat Email Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Silahkan tinggalkan komentar Anda.