January 01, 2016

Penargetan Internasional Blog di Google Webmaster

Dias Akhmad  |  at  January 01, 2016  |  ,  |  4 comments
coinpayu

Salah satu fitur yang disediakan dalam Google Webmaster Tool adalah Penargetan Internasional bagi sebuah situs atau blog. Fitur ini berfungsi untuk membantu mesin pencari Google menentukan bagaimana sebuah situs atau blog kita muncul di hasil penelusuran, dan meningkatkan hasil penelusuran Google untuk kueri geografis atau wilayah.

Dengan demikian, jika kita telah melakukan setting Penargetan Internasional untuk blog kita, maka Google akan meningkatkan hasil penelusurannya untuk kueri geografis seperti yang kita tentukan. Misalnya jika kita menargetkan pemirsa atau pembaca blog dari Australia, maka kita bisa menetapkan Australia dalam Penargetan Internasional. Maka nantinya, Blog kita akan bersaing secara ketat di hasil penelusuran Google di wilayah Australia.


Hal ini berarti bahwa melakukan Penargetan Internasional adalah sama seperti meminta Google memfokuskan hasil pencarian atau penelusurannya untuk blog kita di negara atau wilayah tertentu. Tentu kita harus mempertimbangkan daya saing blog kita dengan blog-blog yang juga menargetkan negara atau wilayah yang sama.

Namun, Penargetan Internasional hanya bisa dilakukan bagi blog yang menggunakan Top Level Domain (TLD) seperti .com, .org dan lainnya. Jika kita masih menggunakan subdomain .blogspot.co.id, maka secara otomatis, Google akan menentukan setting Penargetan Internasional blog kita sebagai (di) Indonesia, seperti yang tampak di gambar berikut ini :


Adapun cara melakukan setting Penargetan Internasional adalah sebagai berikut :

1. Dari halaman "Beranda", silahkan klik salah satu blog Anda yang sudah didaftarkan di Google Webmaster
2. Di menu sebelah kiri, silahkan klik "Lalu Lintas Penelusuran"
3. Selanjutnya klik "Penargetan Internasional"
4. Akan ada menu "Bahasa dan Negara", silahkan klik "Negara"
5. Silahkan pilih Negara target dengan cara klik tombol dropdown. Jika sudah, centang kotak kecil di depan tulisan "Pengguna Tujuan di :" dengan melakukan 1 kali klik.

Demikian artikel Penargetan Internasional blog di Google Webmaster. Semoga bermanfaat.

Penargetan Internasional Blog di Google Webmaster Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aneka Pendidikan

4 comments

  1. terima kasih infonya gan, saya akan coba terapkan di blog saya yang baru aku costum domain, salam dari saya tvsicepat.com

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Jika blog nya bahasa Inggris, tentu lebih pas jika pakai target Internasional. Tapi yang perlu dipertimbangkan kompetisinya lebih ketat untuk bisa tampil di halaman pertama Google.

      Jika blognya pakai bahasa Indonesia, lebih baik pakai target Indonesia saja.

      CMIIW.

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon