January 18, 2016

Cara Memakai Internet bagi yang Baru Belajar Internet

Dias Akhmad  |  at  January 18, 2016  |  ,  |  No comments
coinpayu

Saat ini merupakan era atau zamannya internet. Orang yang tak mengenal internet, sudah pasti akan dianggap Gaptek (Gagap Teknologi). Selain kita malu dikatakan Gaptek, kita juga menjadi rugi karena banyak sekali hal bermanfaat yang bisa kita ambil dengan mengenal dan menggunakan internet dalam keseharian kita. Lalu bagaimana sih cara memakai internet?. Nah, bagi kita yang baru belajar internet, artikel ini akan sangat membantu. Jadi, silahkan membacanya sampai selesai ya. Selamat membaca.

Memakai atau menggunakan internet sebenarnya sangat mudah. Ya, sangat mudah. Yang kita perlukan adalah beberapa perlengkapan dan pengetahuan memakai internet sebagai berikut :

1. Media atau alat
Kita membutuhkan sebuah media atau alat untuk bisa memakai internet, seperti misalnya komputer, laptop, tablet dan smartphone.


2. Jaringan internet
Setelah kita memiliki media atau alat pada poin nomor 1, maka selanjutnya kita harus menyiapkan jaringan internet untuk dihubungkan ke media atau alat. Jika alat yang kita gunakan adalah komputer atau laptop, maka kita memerlukan sebuah modem internet atau jaringan wifi. Namun jika kita menggunakan tablet atau smartphone, kita cukup membeli paket internet dari provider seperti Smartfren, Telkomsel, XL dan lainnya.

3. Memasang Browser
Browser adalah aplikasi atau program yang bisa dijalankan untuk melakukan browsing atau penjelajahan di internet. Browser yang banyak dipakai oleh pengguna internet di Indonesia antara lain Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Safari dan Opera Mini. Kita bisa memasang browser pada komputer atau laptop kita dengan cara meng-install-nya. Namun jika kita menggunakan tablet atau smartphone, biasanya kita sudah tidak perlu memasang sebuah browser karena sudah disediakan secara default atau bawaan sehingga kita tinggal memakainya.


4. Menjalankan Browser
Setelah browser sudah terpasang, selanjutnya kita akan mulai memakai internet dengan menjalankan browser. Caranya sangat mudah :
  • Jika kita menggunakan media komputer atau laptop, kita tinggal klik 2 kali ikon browser yang ada pada desktop komputer atau laptop. Setelah itu browser akan berjalan dan menampilkan homescreen atau tampilan awal yang berisi kotak pencarian internet.
  • Jika kita menggunakan tablet atau smartphone, kita tinggal menjalankan browser sesuai menu pilihan yang ada. Jika misalnya tablet atau smartphone kita menggunakan sistem layar sentuh (touch screen), kita hanya tinggal menekan ikon atau gambar browser, dan browser akan berjalan dan menampilkan homescreen tampilan awal yang berisi kotak pencarian internet.
5. Mengetikkan kata kunci 
Hal selanjutnya untuk mulai menjelajahi internet adalah dengan menulis atau mengetikkan kata kunci (keyword) pada kotak pencarian internet yang telah ditampilkan pada browser. Pada contoh di bawah ini, saya ingin memakai internet untuk mencari gambar Ikan, maka saya kemudian menulis atau mengetikkan kata "Ikan Mujair" pada kotak pencarian dan tekan enter pada keybord atau bisa juga dengan klik "search" atau "cari".


6. Memilih hasil pencarian internet
Hal terakhir yang kita lakukan untuk dapat memakai internet adalah dengan memilih hasil pencarian internet seperti pada gambar di bawah ini, dimana saya sebelumnya mengetikkan kata kunci "Ikan Mujair".


Jika kita sudah menentukan pilihan, maka klik lah salah satu link hasil pencarian internet, maka kita akan dibawa oleh browser pada halaman internet dimana terdapat informasi yang kita butuhkan.

Nah, sampai di sini, kita sudah berhasil memakai internet. Sangat mudah bukan?. Selebihnya kita tinggal mempelajari cara menggunakan atau memakai internet lebih jauh. Dengan sendirinya, kita akan mampu memakai internet dengan lebih mahir karena terbiasa menggunakannya. 

Hal yang perlu kita ingat adalah bahwa di internet tersedia berbagai hal baik dan buruk yang bisa diakses atau dibuka dengan begitu mudah. Semuanya memiliki efek atau akibat baik dan buruk nya masing-masing. Untuk itu, pakailah internet dengan baik. Carilah hanya hal-hal positif di internet demi kebaikan kita. 

Demikian artikel cara memakai internet bagi yang baru belajar internet. Semoga bermanfaat.

Cara Memakai Internet bagi yang Baru Belajar Internet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aneka Pendidikan

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon